Tingkatkan Kompetensi, Guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul Aktif Ikuti Seminar AI
Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dalam rangka peningkatan kompetensi dan pengembangan diri, MGMP Bahasa Inggris MTs se-Kabupaten Bantul selenggarakan Seminar Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran pada Selasa (11/06). Seminar dilaksanakan di MTs Negeri 4 Bantul. Sebagai narasumber adalah Ma’ruf Yuniarno, Kepala MTs Muhammadiyah Pepe. Guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul yaitu, Agustina Suhartati, Susanti, dan Sumartini selalu berusaha secara aktif dengan ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus MGMP. Mereka bertiga semangat hadir untuk mencari ilmu dan meningkatkan kompetensinya. Hadir pula 18 guru Bahasa Inggris lainnya yang ikut dalam seminar ini. Sedangkan bapak/ibu guru yang lain sedang bersamaan dengan agenda wisuda di madrasahnya masing-masing sehingga mereka tidak bisa hadir dalam seminar AI ini.
Suhadi, selaku ketua II MGMP Bahasa Inggris menyampaikan maksud dan tujuan agenda seminar AI kali ini yaitu selain untuk mencari ilmu juga untuk meningkatkan kompetensi bapak/ibu guru dalam mengajar. “Selain itu juga untuk memenuhi bukti fisik dalam SKP Triwulan 3 nanti,” tandas Suhadi. “Oleh karenanya mari kita ikuti dengan seksama agar nantinya kita mendapatkan pencerahan tentang apa AI dalam pembelajaran,” ajak Suhadi.
Ma’ruf Yuniarno mengawali paparannya dengan mengajak para peserta seminar untuk membuka aplikasi “ClassPoint”. Menurut Ma’ruf, ClassPoint ini bisa menciptakan suasana persaingan yang sehat, mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan meneraapkan pembelajaran berdeferensiasi. Syaratnya siswa memiliki kuota yang cukup dan jaringan internet yang bagus. Dari sini narasumber mengajak para peserta berpartisipasi aktif dalam ClassPoint dengan mengikuti petunjuk yang disampaikan oleh narsum. Semua peserta mengikuti dengan antusias. Setelah itu Ma’ruf mengajak para peserta membuka aplikasi Kahoot.com. Semua peserta menyimak menggunakan laptop dan juga handphonenya masing-masing. “Manfaat Kahoot dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai sebuah media pembelajaran digital. Kahoot memiliki beberapa kelebihan, antara lain dapat merangsang minat peserta didik, dapat membantu meningkatkan minat peserta didik untuk menjawab atau mengerjakan games yang diberikan oleh guru. Kahoot bisa menjadi media pembelajaran yang bisa memenuhi tuntutan kebutuhan generasi digital,” papar Ma’ruf. Kegiatan penutup adalah pemaparan tentang AI. (Agt)