Tadarus Al-Qur'an Upaya Membentuk Karakter Positif Siswa dalam Program Peer Konseling MTsN 5 Bantul
Bantul (MTsN 5 Bantul) - Dalam rangka membentuk karakter positif dan memperkuat nilai-nilai spiritual siswa, MTsN 5 Bantul menyelenggarakan kegiatan Tadarus Al-Qur'an sebagai bagian dari program Peer Konseling. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (25/6/2025) di ruang Bimbingan Konseling (BK) madrasah.
Program ini dirancang untuk menciptakan suasana madrasah yang religius, damai, dan mendukung pembentukan karakter siswa, seperti kejujuran, kesabaran, dan empati. Melalui kegiatan tadarus, siswa diajak untuk merenungkan makna ayat-ayat Al-Qur'an, sekaligus melatih kemampuan membaca dengan tartil dan tajwid yang benar.
“Tadarus bukan hanya soal membaca, tetapi juga memahami nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Hal ini sangat mendukung proses peer konseling karena siswa lebih siap secara emosional dan spiritual untuk saling membantu dan mendengarkan teman yang sedang menghadapi masalah,” ujar Zaskia Yasmine, guru Bimbingan dan Konseling sekaligus pembina program ini.
Para siswa yang tergabung dalam tim Peer Konselor juga dilatih untuk memfasilitasi tadarus secara bergiliran. Selain meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepedulian, hal ini menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi positif antar teman sebaya. Salah satu siswa, Bagas kelas VIII, mengungkapkan bahwa kegiatan ini membuatnya lebih tenang dan siap mengikuti pelajaran. “Setelah tadarus, hati saya jadi lebih tenang. Rasanya lebih ringan untuk menjalani hari di madrasah, apalagi bisa membantu teman-teman yang sedang butuh curhat,” ujarnya.
Kepala MTsN 5 Bantul, Faris Mansuri, memberikan apresiasi atas inisiatif para guru dan siswa dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam program bimbingan konseling. Beliau berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh praktik baik yang bisa diadopsi oleh madrasah lain. Dengan menggabungkan pendekatan religius dan psikologis melalui tadarus dan peer konseling, MTsN 5 Bantul terus berupaya menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan berkarakter.(Mt)