Lompat ke isi utama
x
Dahar kembul

Pererat Kebersamaan: Siswa MTsN 5 Bantul Dahar Kembul

Bantul (MTsN 5 Bantul) –Makan bersama, kebiasaan yang hampir punah di kalangan keluarga. Kehidupan yang semakin sibuk menyebabkan waktu untuk berkumpul bersama anggota keluarga semakin berkurang. Hal ini akan berpengaruuh pada hubungan sosial antar anggota keluarga. Dampak lainnya, anak akan berkembang menjadi orang yang hanya mementingkan diri sendiri Di sisi lain, sepertiga hidup anak berada di sekolah. Mengingat kondisi tersebut mendorong MTsN 5 Bantul mengadakan dahar kembul seluruh warga madrasah, Kamis (7/10).

Yuli Marhaeni, S.Pd, selaku wakil kepala madrasah bidang humas, menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka meningkatkan nilai kebersamaan di antara warga madrasah, khususnya para siswa. “Kita juga ingin mengenalkan makanan dan jajanan yang sehat kepada siswa-siswi di Kampus Hijau. Selama ini, banyak siswa yang suka jajan sembarangan, tidak mempertimbangkan apakah makanan atau minuman itu sehat atau tidak.” jelas Yuli.

Sementara itu, dari pantauan bapak/ibu guru, semua siswa terlihat sangat menikmati makanan yang dibawa dari rumah. Berbagai menu tersaji di tambir. Satu tambir untuk empat sampai lima anak. Ada daging ayam goreng dan gudangan, ada tempe goreng dan oseng kacanag panjang. Menu sederhana, namun sehat. Ada pula yang membawa bekal makanan dengan dibungkus daun pisang, sementara yang lain dikemas dalam kotak makanan. Di selingi canda ria semua siswa asyik menikmati makanan dengan lahapnya. Tak ketinggalan bapak/ibu guru dan karyawan, menikamati santapan dengan pincuk daun pisang. Semua berbaur jadi satu keluarga besar dalam jalinan kebersamaan yang erat. (nur)