Lompat ke isi utama
x

Koordinasi Launching Desa Sadar Kerukunan Karanggede

Bantul (Kankemenag) – Menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 693 Tahun 2021 tentang Penetapan Desa Pendowoharjo sebagai Desa Sadar Kerukunan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021. Kemenag Bantul dalam hal ini sebagai tuan rumah acara mengadakan rapat yang Membahas Teknis Pelaksanaan Launching Desa Sadar Kerukunan. Senin (27/09). Diruang Rapat Zakat dan Wakaf Kemenag Bantul.

Takmir Masjid Al Jihad Lakukan Ukur Kiblat

Bantul (Kankemenag) – Salah satu syarat sahnya salat adalah menghadap qiblat atau mengarah ke ka’bah di kota Makkah. Masjid dan Mushala perlu diukur arah qiblatnya dengan sempurna. Adapun tujuan dari pengukuran arah qiblat adalah Supaya pengetahuan masyarakat tentang penentuan arah kiblat meningkat dan lebih baik, serta menghindari adanya kesalahan dalam menentukan arah kiblat salat berjamaah di masjid ataupun musholla.

Sukseskan ANBK, MAN 1 Bantul Selenggarakan Mujahadah

Bantul (MAN 1 Bantul) - Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. MAN 1 Bantul mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Senin (27/09/2021) hingga Selasa (28/09/2021) di Laboratorium MAN 1 Bantul. Guna menyukseskan agenda besar tersebut, MAN 1 Bantul mengadakan Mujahadah sebelum pelaksanaan ANBK berlangsung yaitu pada Senin (27/09/2021) pukul 07.00 di Aula MAN 1 Bantul.

Dalami Sekolah Sehat, MTs Negeri 6 Bantul Studi Tiru ke SD Muhammadiyah Condongcatur

Bantul (MTsN 6 Bantul) - Delapan orang guru dan pegawai dipimpin oleh Kepala MTsN 6 Bantul melakukan kegiatan studi tiru ke SD Muhammadiyah Condongcatur (24/9). Rombongan diterima langsung oeh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur beserta jajarannya di aula lantai 3. Diawali dengan pemaparan profil sekolah, rombongan dari MTsN 6 Bantul dibuat takjub dengan berbagai torehan prestasi yang diraih SD Muhammadiyah Condongcatur.

Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi DIY, Kemenag Bantul Borong Kejuaraan

Bantul (Kankemenag) - Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah tingkat daerah istimewa Yogyakarta telah selesai digelar pada tanggal 19 dan 20 September tahun 2021. Kegiatan tersebut untuk jenjang MA dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta. Tingkat MTS dilaksanakan di MTSN 1 Yogyakarta dan tingkat MI dilaksanakan di MIN 2 Sleman. Kemenag Bantul mengirimkan seluruh delegasinya yang berjumlah 33 Peserta. 

Menang Tingkat Provinsi DIY, Siswa MTsN 9 Bantul Pastikan Melaju di KOMBANAS 2021 Tingkat Nasional

Bantul (MTsN 9 Bantul) - Siswa MTs Negeri 9 Bantul, Rizki' Aisyah kelas VIII D berhasil menyabet Juara II dalam Kompetisi Bahasa Arab (KOMBANAS) Virtual Ke-4 Tahun 2021 Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Sabtu (25/09/2021). Dengan hasil ini, Rizki 'Aisyah dipastikan dapat melaju ke tingkat Nasional yang akan digelar pada Sabtu, 02 Oktober 2021 pekan depan.

Penyelenggaraan Haji Reguler 2021

Bantul (Kankemenag) - Penyelenggaraan apel sore dan pembinaan secara virtual zoom Jumat (24/9) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul secara rutin diikuti oleh 350 orang ASN dilingkungan Kemenag Bantul. Apel pada sore hari ini dipimpin oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Ahmad Mustafid, SAg, M.Hum.

Kemenag Bantul Menerima Kunjungan Silaturahmi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bantul

Bantul (Kankemenag) - Jumat (24/9) diruang kerja Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul H. Mukotip, S.Ag, M.Pdi didampingi Humas Dra. Liana Rosada menerima tamu silaturahmi dari BPJS ketenagakerjaan cabang Bantul. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bantul Mabrur Ari Wuryanto didampingi staf Ines mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya. Selain silaturahmi juga menjelaskan tentang program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari program jaminan sosial yang ada diantaranya :

Jalankan Program Kelas Unggulan Tahfiz di Masa Pandemi, MTsN 9 Bantul Gelar Murajaah Daring

Bantul (MTsN 9 Bantul)—Salah satu kelas unggulan yang ada di MTsN 9 Bantul adalah Kelas Unggulan Tahfiz. Kelas ini mempunyai kurikulum yang berbeda dengan Kelas Reguler dengan penambahan jam pada mata pelajaran Tahfiz. Meskipun pembelajaran di masa pandemi Covid-19 harus digelar secara daring, Kelas Unggulan Tahfiz tetap berjalan dengan pembimbingan virtual. Hari Sabtu pada minggu terakhir setiap bulan, siswa di Kelas Unggulan Tahfiz mengimplementasikan hasil hafalannya dalam kegiatan Murajaah Daring MTsN 9 Bantul.

Kepala KUA Dlingo Tekankan Urgensi Moderasi Beragama

Bantul (KUA Dlingo) - Sebagai ikhtiar merajut kenyamanan dan ketenangan dalam melaksanakan agama maka sikap moderat sangat perlu dikedepankan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kapanewon Dlingo, Muhammad Hanafi, S.Ag, MSI dalam forum pembinaan para penyuluh Agama di rumah Muhammad Ainun Naim, Rejosari Jatimulyo Dlingo, Jum’at (24/09).

Penguatan moderasi beragama menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia disamping program-program lain, seperti

Penyerahan Bantuan Oksigen Konsentrator Bagi Poskestren

Bantul (Kankemenag) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul H. Aidi Johansyah, S. Ag. MM didampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Sidqi, S. Psi., M. Eng. menghadiri penyerahan bantuan Oksigen Konsentrator kepada beberapa Pondok Pesantren yang ada di DIY di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Sewon Bantul. Jumat (24/09).

Kemenag Bantul Sambut Kunjungan Kemenag Karawang

Bantul (Kankemenag) – Bertempat di Aula PLHUT Kementerian Agama Kabupaten Bantul hari Jumat(24/9) berlangsung kegiatan kunjungan tamu silaturahmi rombongan Studi Tiru dari Kementerian Agama Kabupaten Karawang khususnya kepala KUA se Kabupaten Karawang dan seluruh Kasi/Penyelenggara. Rombongan berjumlah 32 orang yang terdiri dari kepala KUA, pengurus APRI dan sejumlah Kasi dan penyelenggara dilingkungan Kemenag Karawang.