MIN 2 Bantul Terima Kunjungan Monitoring dan Audiensi Program NGTS dari SEAMEO
Bantul (MIN 2 Bantul) – MIN 2 Bantul menerima kunjungan Monitoring dan Audiensi Program NGTS (Nutrition Goes to School) dari tim SEAMEO bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan, dalam melaksanakan komponenkomponen Program NGTS di masing-masing madrasah juga bersama perwakilan Kementerian Kabupaten Bantul pada Jumat, (21/11). Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung pelaksanaan program gizi dan kesehatan di lingkungan madrasah.
Rangkaian kegiatan diawali dengan monitoring aktivitas siswa dalam program NGTS, dilanjutkan dengan senam bersama di halaman madrasah. Tim kemudian meninjau berbagai fasilitas penunjang, seperti budidaya perikanan lele, area perkebunan madrasah, kondisi ruang kelas, serta kantin madrasah sehat yang menjadi bagian dari upaya menjaga pola hidup bersih dan sehat bagi peserta didik.
Salah satu perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Sunarni, menyampaikan apresiasinya terhadap lingkungan MIN 2 Bantul. Ia menilai lingkungan madrasah sangat mendukung pembelajaran berbasis lingkungan dan gizi. “MIN 2 Bantul memiliki lingkungan perkebunan yang sangat baik, terdapat pohon nangka dan pisang, serta suasana yang sejuk dan asri sehingga sangat mendukung program NGTS,” ujarnya.
Perwakilan tim SEAMEO juga menyampaikan kesan positif selama kunjungan.
“Kami melihat praktik baik dalam penerapan program Nutrition Goes to School di MIN 2 Bantul. Kegiatan pembiasaan hidup sehat, lingkungan hijau, dan keterlibatan aktif siswa menjadi contoh yang sangat baik untuk madrasah lain,” ungkap perwakilan tim SEAMEO.
Kepala MIN 2 Bantul, Yuhrotul Mardhiyah, menyambut baik kunjungan tersebut dan menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan pendampingan dari SEAMEO dan Pemerintah Kabupaten Bantul. Ia berharap program NGTS dapat terus berjalan secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap kesehatan dan karakter hidup bersih siswa.
Melalui kegiatan ini, MIN 2 Bantul berkomitmen untuk terus mengembangkan lingkungan madrasah yang sehat, ramah anak, dan mendukung tumbuh kembang peserta didik secara optimal. (Zul)