Lompat ke isi utama
x
MIN 1 Bantul

Kreativitas dan Kolaborasi dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka: Siswa Kelas 2 MIN 1 Bantul Olah Buah dan Sayur Jadi Makanan Lezat

Dikirim oleh eka putri pada 18 June 2025

Bantul (MIN 1 Bantul) — Dalam rangka pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka, siswa-siswi kelas 2 MIN 1 Bantul menggelar kegiatan praktek mengolah makanan berbahan dasar buah dan sayur pada Rabu (18/06/2025). Kegiatan ini mengusung tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dan bertujuan untuk menanamkan nilai kreativitas, gotong royong, serta kepedulian terhadap pola makan sehat sejak usia dini.

MIN 1 Bantul

Yang menarik dari program ini tidak hanya melibatkan siswa dan guru, namun juga menjalin kolaborasi erat antara wali kelas dan wali murid. Para orang tua turut hadir sebagai narasumber utama, membagikan ilmu dan keterampilan mereka dalam mengolah makanan sehat berbahan dasar buah dan sayur.  Salah satu wali murid yang ikut mendampingi program ini, Rina Ulfayani, mengungkapkan rasa bangganya dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini. “Saya senang sekali bisa ikut mendampingi anak-anak belajar. Mereka bisa belajar langsung dari lingkungan sekitarnya, dan itu luar biasa! Mereka semangat dan belajar banyak tentang makanan sehat. Semoga kegiatan seperti ini sering diadakan.” Jelasnya.

Dalam program ini setiap kelas menampilkan kreasi menu yang berbeda:
1. Kelas 2A menghadirkan es buah segar dan burger isi sayuran sebagai bentuk inovasi makanan sehat yang disukai anak-anak.
2. Kelas 2B menyajikan sop sayur hangat dan es serut melon yang menyegarkan.
3. Kelas 2C menunjukkan kreativitas dalam membuat salad buah beraneka warna serta dimsum isi sayur yang menggugah selera.
4. Kelas 2D menciptakan sandwich sayur yang praktis dan bergizi serta rujak ice cream sebagai perpaduan unik rasa manis dan pedas.

Kepala Madrasah, Agus Sehono, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Program ini bukan hanya sekadar belajar memasak, tapi juga membangun karakter anak-anak sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, seperti gotong royong, kemandirian, dan bernalar kritis. Kami juga sangat mengapresiasi peran aktif para orang tua dalam mendampingi anak-anak belajar dari pengalaman nyata,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar mengolah makanan, tetapi juga memahami pentingnya gaya hidup sehat, mengenal jenis-jenis buah dan sayur, serta belajar bekerja sama dalam tim. Menumbuhkan rasa percaya diri dan dukungan penuh dari orang tua menjadikan program P5 kali ini berjalan sukses dan berkesan. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa ketika sekolah dan orang tua saling mendukung, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan membentuk karakter positif siswa. (nda)