Sosialisasi Pola Makan Sehat dan Cegah Anemia MTsN 6 Bantul
Bantul (MTsN 6 Bantul) - Kegiatan sosialisasi pola makan sehat dan cegah anemia bagi siswa MTsN 6 Bantul dilaksanakan pada hari Selasa (18/7/2023) oleh mahasiswa Universitas Aisyah Yogyakarta di Lab IPA MTs N 6 Bantul. Menurut Sutarti, selaku koordinator UKS bahwa Sasaran layanan diberikan pada 36 siswi yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas. "Setiap kelas diambil dua siswa untuk sosialiasi ini," ujar Tarti.
Layanan kegiatan sosialisasi ini sifatnya preventif dengan memberikan pengetahuan tentang pola makan yang sehat dan upaya pencegahan anemia dilanjutkan pemeriksaan Hb. Dalam sambutannya, Selvi sebagai ketua sekaligus perwakilan dari mahasiswa tersebut menuturkan bahwa pola hidup sehat dimulai sejak kecil, bahkan sejak dalam kandungan ibu.
Begitu pula remaja perlu sekali untuk menerapkan pola hidup sehat dimulai dari pola makan dan olahraga secara rutin. Seorang remaja putri perlu pemeriksaan Hb guna mengetahui kadar darah dalam tubuh sudah mencukupi apa belum. "Jika hasil pemeriksaan dinyatakan kekurangan kadar darah dalam tubuh atau anemia dapat mempengaruhi kesehatan badan misalnya mudah lelah, pucat, lesu dan segala aktivitas terganggu. Bahkan berbahaya bagi seorang ibu hamil ketika melahirkan bisa berakibat buruk. Bisa terjadi pendarahan kelahiran prematur dan seterusnya," tandas Selvi.
Di sisi lain, Kepala Madrasah Mafrudah dalam sambutanya menyampaikan bahwa madrasah berupaya memberikan pelayanan yang maksimal tidak hanya bidang akedemik dan nonakademik tetapi juga memperhatikan kesehatan siswa. "Madrasah tidak hanya memberi pelayanan akademik tetapi pelayanan kesehatan juga diberikan. Hal ini karena sehat akan mendukung segala aktivitas dengan baik," tutur Mafrudah.
"Apalagi sebagai anak putri harus diupayakan untuk sehat dan bebas dari anemia karena anak putri kelak punya tugas berat yaitu melahirkan. Remaja putri tidak hanya berpenampilan cantik tetapi harus sehat jasmani dan rohani sehingga muncul innerbeauty," pungkas Mafrudah. (tar/rin)