Lompat ke isi utama
x
inovasi

Kepala Kantor Kemenag Bantul Menganugerahkan Penghargaan Madrasah Berprestasi

Dikirim oleh ponijo pada 22 October 2020

Bantul (Kankemenag) – Dalam event peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Kamis (22/1) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul memberikan apresiasi dengan menganugerahkan penghargaan kepada kepala madrasah berprestasi dalam inovasi pelayanan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penghargaan diberikan kepada kepala MIN 1 Bantul, MTs N 6 Bantul dan MAN 2 Bantul atas prestasi yang telah diraih, merupakan hasil penilaian selama masa pandemi yang dilakukan Kasub. Bagian Tata Usaha H. Basori Alwi, S.Ag., MA bersama tim penilai, dengan kriteria; inovasi pelayanan pembelajaran 40%, penyediaan sarana dan prasarana protokol kesehatan 30%, dan disiplin pegawai 30%.

Kepala Kantor Kemenag Bantul H. Aidi Johansyah, S.Ag., MM., mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih pada kepala madrasah. “Saya sangat mengapresiasi atas ivovasi yang dilakukan kepala madrasah dalam pelayanan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, meski terkendala dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, namun tidak menghalangi dalam pelaksanaan belajar mengajar dengan menggunakan media daring. Atas inovasi ini, Semoga dapat memotivasi belajar dan memacu prestasi siswa”, tuturnya.

Kepada Pranata Humas Kantor Kemenag Bantul, Mafrudah, S.Ag., M.Pd.I mengutarakan inovasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 pada MTsN 6 Bantul, meliputi; 1. E-learning : aplikasi pembelajaran online yang dilengkapi dengan pembuatan kelas, penyimpanan semua administrasi guru, materi, video, penilaian, dan dilengkapi dengan video teleconference. 2. Kahoot aplikasi yang digunakan untuk melakukan penilaian secara online dalam bentuk kuis (pilihan ganda) berbasis permainan. 3. Penilaian online (kuis) dalam bentuk permainan yang memiliki kemiripan dengan kahoot. 4. Google form adalah aplikasi dari google untuk penilaian PG. 5. Google clasroom aplikasi pembelajaran online berbasis kelas. Ada materi yang diunggah, ada penugasan, dsb, hampir sama dengan e-elearning. 6. Zoom meeting adalah aplikasi pembelajaran menggunakan TC 7. G-Meet adalah aplikasi yang disediakan oleh google untuk pembelajaran melalui teleconference. 8. PPT Interaktif adalah penampil materi berbasis audio visual. 9. Microsoft sway adalah penampil materi yang mempunyai kemiripan dengan power point tetapi lebih lengkap fitur-fiturnya dari microsoft office 365. 10. Kine master adalah aplikasi pembuat video pembelajaran 11. Rumah belajar kemdikbud adalah aplikasi belajar dari Kemdikbud yang memiliki kemiripan dengan e-learning. Penyimpan materi, penyedia soal untuk penilaian, dan sebagainya. (Jojo)