Lompat ke isi utama
x
MAN 4 Bantul

Asesmen Madrasah Siswa Kelas XII MAN 4 Bantul Hari Pertama Berjalan Lancar

Dikirim oleh Dendy Pramana.P pada 16 March 2023

Bantul (MAN 4 Bantul) – Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) untuk siswa kelas XII MAN 4 Bantul dilaksanakan mulai Senin-Jum'at(13-31/3). Sebelumnya Kepala Madrasah, Mucharom bersama Waka Kurikulum, Rusli Farida dan seluruh guru MAN 4 Bantul telah menggelar koordinasi untuk memastikan persiapan AM dengan matang.

Senin (13/03) melalui pengumuman sentral, Mucharom mengatakan bahwa, Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa pada akhir jenjang pendidikan sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Sedangkan fungsi Asesmen Madrasah itu sendiri mengukur pencapaian hasil belajar siswa sekaligus umpan balik untuk perbaikan pembelajaran di madrasah.

Selanjutnya Mucharom berpesan kepada seluruh siswa untuk mengikuti asesmen ini dengan tertib dan disiplin demi kelancaran pelaksanaan AM. “Semoga pelaksanaan asesmen yang dilaksanakan beberapa hari ke depan berjalan lancar tanpa halangan, diberikan hasil yang tebaik,” pesan Mucharom.

Masih kata Mucharom, “Seluruh peserta asesmen agar menjaga kesehatan, dapat mengatur waktu dalam mengerjakan soal sehingga menemukan jawaban terbaik.” Dalam kesempatan yang sama Waka Kurikulum Rusli Farida menjelaskan bahwa, Pelaksanaan Asesmen Madrasah pada kali ini menggunakan website Jogja Madrasah Digital (JMD). Penggunaan JMD pada pelaksanaan AM kali ini sangat membantu pada efisiensi waktu serta mengurangi penggunaan kertas. Alhamdulillah pelaksanaan AM hari pertama berjalan lancar walau sempat mengalami kendala server yang down namun segera diatasi oleh tim panitia.

Asesmen ini dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif bertujuan untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Adapun hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran. (sof/ica)