Lompat ke isi utama
x
MTsN 9 Bantul

Guru IPA MTsN 9 Bantul Aktif Ikuti Pertemuan MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul dalam rangka Review Soal Asesmen Madrasah

Dikirim oleh Sugiyono pada 1 March 2024

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Guru-guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dari MTsN 9 Bantul menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan kualitas pembelajaran dengan aktif mengikuti Pertemuan Ke-2 Kelompok Kerja Guru (KKG) Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kabupaten Bantul. Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu (28/02/2024), dilaksanakan di Laboratorium IPA MTsN 5 Bantul mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

Sebanyak 30 orang guru baik dari madrasah negeri maupun swasta turut serta dalam kegiatan ini. Acara dibuka dengan sambutan hangat dari kepala madrasah yang diwakili oleh Munthoha. Ia menyampaikan apresiasi yang mendalam terhadap semangat tinggi MGMP IPA dalam mengadakan kegiatan ini, yang dibuktikan dengan tingkat kehadiran peserta cukup banyak. Keempat guru IPA MTsN 9 Bantul yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini adalah Muh. Rosyid, Zulisti Sudarojah, Mu’ad Irmawan, dan Sinta Herahmawati. Agenda utama kegiatan kali ini adalah mereview soal Asesmen Madrasah untuk kelas IX dengan tujuan mendapatkan soal yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kegiatan ini dipandu oleh Arif Rahman Hakim, selaku penanggung jawab kegiatan.

Selain mereview soal Asesmen Madrasah, para peserta juga membahas soal try out ASPD Dikpora Bantul II dengan tujuan menyamakan persepsi dalam memahami soal, terutama yang dianggap sulit, sekaligus memperdalam cara penyelesaian soalnya. Hal ini diharapkan dapat disampaikan kepada peserta didik masing-masing madrasah guna meningkatkan nilai Literasi Sains.

Mu’ad Irmawan, salah satu guru IPA dari MTsN 9 Bantul, menyatakan, "Pembahasan soal seperti ini sangat bermanfaat bagi saya, hal ini menunjukkan betapa pentingnya kegiatan kolaboratif semacam ini dalam meningkatkan mutu pembelajaran di bidang IPA."

Kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kerjasama yang erat antara guru-guru IPA madrasah di Kabupaten Bantul dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains bagi peserta didik. Semoga hasil dari kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan Literasi Sains di kalangan siswa-siswi MTs di Bantul. (sh)