Lompat ke isi utama
x
KUA Pajangan

KUA Pajangan Meraih Juara 2 KUA Revitalisasi 2023-2024 Tingkat DIY 

Dikirim oleh Sugiyono pada 14 October 2024

Yogyakarta ( KUA Kapanewon Pajangan ) - Pada hari Jum'at, 11 Oktober 2024 bertempat di Aula lantai III Kanwil Kemenag DIY diselenggarakan acara Launching aplikasi LURIK ( Layanan Unggulan dan Sistem Informasi KUA) dan penyerahan penghargaan KUA Revitalisasi  2023-2024 DIY. Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag DIY, Kabag TU, Kabid di lingkungan kanwil Kemenag DIY, Kakankemenag kabupaten kota se DIY dan Kepala KUA se DIY berjumlah 78 .

Dalam laporannya, Kabid Urais, Jauhar Musthofa menyampaikan terkait dengan penilaian kepada KUA Revitalisasi 2023-2024 DIY. Terbaik pertama diraih oleh KUA Galur, terbaik kedua KUA Pajangan dan terbaik ketiga KUA Paliyan Gunungkidul. Penilaian meliputi beberapa aspek seperti di Front office, bagaimana menerima dan menanggapi tamu yang datang ke KUA. Juga program inovasi di KUA yang sudah dijalankan.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag DIY  Ahmad Bahej sangat mengapresiasi launching aplikasi LURIK yang digunakan di 78 KUA se DIY. Dalam pesan nya beliau menyampaikan bahwa launching aplikasi LURIK tidak berhenti hanya di launching saja, tetapi harus terus digunakan dan dioptimalkan kemanfaatan nya dalam rangka pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Juga mengucapkan selamat kepada para juara KUA Revitalisasi 2023-2024 tingkat DIY, untuk tetap berinovasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

KUA Pajangan


Kepala KUA Pajangan, Aleq Rahmat Hidayat menyampaikan bahwa di KUA Pajangan ada inovasi yang sudah dijalankan seperti  Kaperu (KTP, KK, dan Buku Nikah Baru), sebuah program unggulan yang memungkinkan dokumen-dokumen tersebut dicetak langsung setelah proses akad nikah. "Program ini sangat efektif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Pengantin.

Selain itu, program Barda Panjul (Barcode Data dari Pajangan untuk Bantul) telah mencakup hampir seluruh data keagamaan, memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Program Jumling (Jumat Keliling), yaitu silaturahim ke masjid-masjid di wilayah Pajangan, juga terus berjalan sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat dengan memberikan bantuan alat kebersihan masjid bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Dalam upaya peningkatan literasi Al-Qur'an, KUA Pajangan menjalankan program Ngancani (Pendampingan Baca Al-Qur'an Indah), yang khusus ditujukan bagi para guru ngaji di SLB Pajangan dan majelis taklim setempat. Tak ketinggalan, program Penaksah (Pendampingan Keluarga Sakinah) juga menjadi salah satu unggulan dalam membina keharmonisan keluarga di wilayah ini.

KUA Pajangan juga turut mendukung program percepatan wakaf yang diinisiasi oleh Direktorat Wakaf Bimas Islam Kemenag RI dengan EAIW (Elektronik Akta Ikrar Wakaf) melalui program Jemput Wakaf. Program ini meliputi pembinaan nadzir dan wakif, konsultasi, input data wakaf di lokasi, hingga pelaksanaan ikrar wakaf. "Dengan program Jemput Wakaf, kami berharap bisa mempercepat sertifikasi wakaf, sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menunaikan niat ibadah wakaf mereka," jelas Aleq.

Terkait penilaian dari masyarakat, sejak awal tahun hingga 23 September 2024, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan KUA Pajangan mencatatkan angka 89,87, dengan predikat Sangat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa upaya KUA Pajangan dalam meningkatkan kualitas layanan publik telah mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat, dan diharapkan dapat terus dipertahankan serta ditingkatkan.(Aleq)