Lompat ke isi utama
x
Mtsn 7 bantul

MTsN 7 BANTUL SEBAGAI TUAN RUMAH PEMBINAAN KEPALA MADRASAH OLEH PENGAWAS TENTANG PKKM

Dikirim oleh liana pada 1 October 2022

Bantul (MTsN 7 Bantul) - Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data terutama kualitas kinerja Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah. Penilaian ini dilakukan setiap tahun sekali sebagai bentuk upaya pengawas dalam pembinaannya untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Upaya untuk mempersiapkan kegiatan PKKM, maka diadakan Pembinaan Kepala Madrasah tentang Teknis Pelaksanaan PKKM Bagi Kepala MTs dan MA di Kabupaten Bantul Tahun 2022 dengan narasumber Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul Dra. Ening Yuni Soleh Astuti, MA. MTsN 7 Bantul sebagai tuan rumah kegiatan ini dilaksanakan hari Jum'at (30/9) dari pukul 09.00-11.00 WIB yang bertempat di Resto Joglo Khasanah. MTsN 7 Bantul mengikutsertakan panitia inti dan keenam koordinator untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi penilaian PKKM.

Tutik Husniati, S. Ag. M.S.I. selaku Kepala MTsN 7 Bantul mengatakan :" Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman tentang ruang lingkup PKKM, sehingga persiapan penilaian dapat maksimal".

Dra. Ening Yuni Soleh Astuti, MA sebagai narasumber berharap :" Semoga kegiatan PKKM dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Beliau memberikan penjelasan tentang ruang lingkup PKKM : Kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pelaksanaan tugas pengembangan kewirausahaan, pelaksanaan tugas supervisi pada guru dan tenaga kependidikan serta hasil kerja Kepala Madrasah. Selain itu berbagai program inovasi sangat penting dalam penilaian ini. Contohnya : guru atau pegawai menghasilkan karya menulis baik solo maupun kelompok. Cerpen, puisi, pantun maupun karya tulis lainnya. Komponen yang paling kurang diantaranya : laporan MOU, laporan pelaksanaan program, data hasil analisis kemampuan awal peserta didik, program KKG, dokumen surat masuk keluar, dokumen administrasi madrasah, laporan monitoring dan evaluasi, prestasi kinerja baik akademik maupun non akademik, dokumentasi kewirausahaan. Hal-hal di atas semoga dapat dilengkapi dan dilaksanakan dengan baik sehingga PKKM berhasil dan mendapatkan nilai yang terbaik", ujarnya. (dwi)