Mahasiswa PLP Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Dampingi Siswa MAN 2 Bantul dalam Kegiatan P5: Kreasi Pot dari Barang Bekas
Bantul (MAN 2 Bntul) - Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di MAN 2 Bantul dengan mendampingi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini mengusung tema “Kreasi Barang Bekas: Dari Galon Jadi Pot Tanaman” yang bertujuan menumbuhkan kreativitas, kepedulian lingkungan, dan semangat berinovasi di kalangan siswa.
Dalam kegiatan yang berlangsung pada Jumat, 24 Oktober 2025 tersebut, para siswa kelas X dan XI MAN 2 Bantul mengolah galon bekas air mineral merek Le Mineral menjadi pot tanaman yang dicat warna-warni. Pot-pot tersebut nantinya akan digunakan untuk memperindah area taman sekolah. Kegiatan ini menjadi bentuk nyata implementasi nilai gotong royong, kemandirian, serta kepedulian terhadap lingkungan yang menjadi bagian penting dalam proyek P5.
Kepala MAN 2 Bantul, Ibu Nur Khasanah Rahmawati, mengapresiasi kolaborasi antara mahasiswa PLP dan peserta didik. “Kegiatan ini sangat positif karena mengajarkan siswa untuk mencintai lingkungan melalui hal sederhana. Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi proyek P5 selanjutnya,” ungkapnya.
Salah satu siswa kelas X, Matahary, juga mengungkapkan antusiasmenya. “Senang sekali bisa membuat pot dari galon bekas. Selain seru, kami jadi belajar bagaimana mendaur ulang barang yang biasanya dibuang begitu saja,” ujarnya.
Sementara itu, Arif Abdurovif, mahasiswa PLP Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga yang turut mendampingi kegiatan ini, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pembelajaran kontekstual bagi siswa. “Kami ingin membantu siswa agar mampu belajar dari lingkungan sekitar dan mengembangkan kreativitas melalui kegiatan yang bermakna,” jelasnya.
Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa MAN 2 Bantul semakin termotivasi untuk berkreasi dan peduli terhadap lingkungan sekitar./nhr