Lompat ke isi utama
x
MTsN 5 Bantul

Kepala dan Guru MTsN 5 Bantul Laksanakan Sulingjar Tahun 2024

Dikirim oleh eka putri pada 30 September 2024

Bantul (MTsN 5 Bantul) - Kepala MTsN 5 Bantul Faris Mansuri bersama guru madrasah melaksanakan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat (27/9/2024) di ruang guru madrasah. Pelaksanaan Sulingjar berjalan lancar dan sungguh-sungguh. Semua guru mengerjakan dengan semangat dan gembira. “Sulingjar wajib dilaksanakan oleh semua kepala dan guru di satuan pendidikan, termasuk di madrasah ini,” ucap Faris di sela-sela kegiatan. Jadwal pelaksanaan Sulingjar untuk tingkat SMP/MTs 25 September-8 Oktober 2024.

Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan Pendidikan. Hasil dari informasi yang diperoleh pada survei lingkungan belajar adalah faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid. Satuan Pendidikan dapat dikatakan baik, jika satuan pendidikan tersebut mampu memfasilitasi belajar murid melalui beberapa hal berikut : a. proses pembelajaran yang berkualitas, b. guru-guru yang secara konsisten melakukan refleksi dan memperbaiki praktik mengajarnya, c. kepala satuan pendidikan yang menerapkan visi, kebijakan, dan program yang berfokus pada kualitas pembelajaran, d. iklim satuan pendidikan  yang aman, menghargai keragaman dan inklusi.

Sulingjar meliputi sembilan dimensi yakni : 1. Latar belakang sosial ekonomi murid, 2. Kualitas pembelajaran di kelas, 3. Refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru, 4. Kepemimpinan instruksional, 5. Iklim keamanan di satuan pendidikan, 6. Iklim kebinekaan di satuan pendidikan, 7. Iklim kesetaraan jender, 8. Iklim inklusivitas. 9. Dukungan orang tua dan murid terhadap program satuan pendidikan. Adapun manfaat Sulingjar adalah mendapatkan informasi komprehensif dalam bentuk profil pendidikan yang akan memudahkan satuan pendidikaan dalam menyusun perencanaan berbasis data, serta melakukan peningkatan layanan di satuan pendidikan.(Mt)