Lompat ke isi utama
x
Apel hsn 2019

10.000 Santri Bantul Gelar Apel Akbar dan Kirab HSN 2019

Bantul (Kemenag)- Lebih dari 10.000 santri menggelar Apel Akbar dan Kirab Santri pada Hari Santri Nasional (HSN) selasa, 22 Oktober 2019 di Alun-alun Paseban Pemda Bantul. HSN tahun ini mengusung tema "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia".

Hadir dalam acara ini Bupati Bantul Drs.H.Suharsono, Kepala Kemenag Bantul Drs.H.Buchori Muslim,MPdI., jajaran FORKOPINDA Kab. Bantul, seluruh Kepala OPD Pemda Bantul, camat, Kepala KUA, para kyai serta santri dari berbagai madrasah dan pondok pesantren se Kabupaten Bantul.

Drs.H.Suharsono selaku pembina apel dalam sambutannya bahwa berdasar Surat Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang tercetus dari resolusi jihat untuk mempertahankan NKRI. HSN diangkat dari fakta bahwa pesantren adalah lembaga yang ramah serta sebagai laboratoriom perdamaian.

Keberadaan pesantren serta santri adalah bejuang untuk mempertahankan kemerdekaan, pusat kajian islam, penuh hikmah, pendidikan kemandirian, gerskan komunitas seni dan sastra, berkarakter, mengangkat kearifan lokal, spiritual melalui dzikir dan ikhtiar. Acara dilanjutkan kirab dengan start alun-alun paseban dan finish di Masjid Agung Manunggal Bantul. (Trub/Jojo)