Lompat ke isi utama
x
Revitalisasi

Menag Canangkan KUA Sewon Role Model Revitalisasi KUA se-Indonesia

Bantul (Kankemenag) - Dalam rangka mewujudkan visi Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat, serta untuk meningkatkan kualitas umat beragama, Sabtu (29/5) Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui video conference mencanangkan KUA Kapanewon Sewon bersama 5 KUA, yakni; KUA Ciawi Jawa Barat, KUA Banjarnegara Jawa Tengah, KUA Sidoarjo Jawa Timur, KUA Gunung Sugih Lampung, dan KUA Biringkanaya Sulawesi Selatan, sebagai role model program revitalisasi KUA se-Indonesia.

Gus Yaqut mengemukakan, program revitalisasi KUA bertujuan untuk menjadikan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang mencakup perbaikan dukungan sarana dan prasarana, perbaikan tata kelola serta pengembangan jenis layanan dan bimbingan, peningkatan kapasitas SDM, dan integritas sistem data dan informasi.

Acara pencanangan revitalisasi KUA secara virtual disaksikan Asisten 3 Sumberdaya dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Bantul Ir. Pulung Haryadi, M.Sc., Kepala Kanwil Kemenag DIY. Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I beserta jajarannya, serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, berlangsung di aula balai nikah KUA Kapanewon Sewon.

Kepala Kanwil Kemenag DIY. Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I memberikan dukungan sepenuhnya atas terpilihnya KUA Sewon sebagai role model revitalisasi KUA diantara 6 KUA se-Indonesia. "Saya berharap revitalisasi KUA tidak hanya dimaknai perubahan dalam sarpras, namun lebih ke perubahan mindset yang harus dimiliki seluruh SDM KUA. Dengan revitalisasi semoga terwujud prototype KUA yang dapat direplikasi tidak hanya di DIY namun juga seluruh Indonesia. Agar program ini mendapat support dari stakeholder dalam mendukung 10 program tupoksi layanan KUA. Semoga dengan revitalisasi akan terwujud pelayanan prima bagi masyarakat," harapnya.(Jojo)