Lompat ke isi utama
x
Kua dlingo

Kua Dlingo Pantau Takbir, Sholat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1442 H

Bantul (KUA Dlingo) - Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H tahun ini bertepatan dengan 12 Juli 2021 M. Ada tiga kegiatan besar yang menjadi tradisi keagamaan di masyarakat, yaitu Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban. Tiga kegiatan ini sangat rentan menimbulkan kerumunan massa di tengah wabah pandemi Covid 19 yang terus merebak. Untuk mengantisipasi hal ini KUA kapanewon Dlingo menerjunkan secara langsung semua pegawai dan penyuluhnya untuk sosialisasi dan edukasi agar masyarakat taat anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sejak Ahad (18/07) ASN KUA Dlingo dan para Penyuluh Agama mulai bergerak aktif dan massif berkunjung ke masjid-masjid dan menemui para ketua takmir masjid untuk sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama No. 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan Di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, Dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M Di Wilayah PPKM Darurat. Para takmir menyambut dengan senang dan memberikan apresiasi positif. Kegiatan takbir malam Selasa terpantau aman dan kondusif. Masyarakat Dlingo melakukan takbiran di rumah, masjid dan musholla. Tidak tampak adanya arak-arakan, konvoi ataupun takbir keliling kampung. Alunan takbir untuk mengagungkan Allah ta’ala berkumandang bersahut-sahutan dari pengeras suara yang ada di masjid dan musholla.

Sholat Idul Adha pada Selasa pagi berlangsung dengan khidmat. Ada yang melaksanakan Sholat Idul Adha di rumah bersama keluarga inti, ada juga yang melakukannya di masjid dan musholla. Semua warga bergembira dapat sholat Idul Adha dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat menyadari bahwa sangat penting untuk ikhtiar menyelamatkan diri dan orang lain. Adapun penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah selesai shalat Idul Adha. Para petugas dan panitia dengan sigap menyembelih, menguliti dan membagikan daging qurban kepada yang berhak menerima. Terlihat mereka tetap menerapkan protokol kesehatan ketika sedang bertugas.

“Alhamdulillah masyarakat Dlingo proaktif dan akomodatif terhadap aturan yang ditetapkan pemerintah. Rangkaian ibadah Idul Adha tahun ini berjalan lancar, kondusif dan aman. Terimakasih kepada semua ASN, para Penyuluh Agama yang telah berjuang dengan ikhlas dan penuh dedikasi ”, tandas Muhammad Hanafi, S.Ag, MSI, kepala KUA Dlingo. (Han)