Kankemenag Bantul Terima Studi Tiru dan Alih Informasi dari Bidang PHU Kanwil Kemenag DKI Jakarta
Bantul (Kankemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) terima kunjungan studi tiru dan alih informasi dari Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DKI Jakarta. Acara berlangsung di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), Kamis (12/1).
Kepala Bidang (Kabid) PHU Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Saiful Amri menyampaian bahwa Kankemenag Bantul layak untuk menjadi tujuan studi tiru. “Kami baca-baca di tautan berita, Kankemenag Bantul ini telah mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya sebagai Satker dengan inovasi layanan haji terbaik nasional,” ucapnya.
“Kami Bidang PHU Kanwil DKI terus melakukan perbaikan-perbaikan, mulai sarana dan prasarana yang bermuara pada bagaimana pelayanan haji di DKI betul-betul menjadi sebuah layanan yang membanggakan, bukan hanya bagi kami selaku Bidang PHU, tetapi juga bagi jemaah haji khususnya di DKI,” jelas Amri.
Amri menambahkan bahwa apa yang sudah baik, harus dipelihara dan terus mencari yang lebih baik untuk perbaikan layanan-layanan haji di DKI. “Semoga kami nanti bisa meniru apa yang sudah menjadi sesuatu yang telah diberi penghargaan yaitu Kanemenag Bantul terkait pelaynaan haji untuk bisa kami tiru dan terapkan di DKI Jakarta,” tambahnya.
Kepala Kankemenag Bantul, Ahmad Shidqi dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang ada sekarang ini adalah wujud Kankemenag Bantul dalam mengemban amanah dari pemerintah. “Pada tahun 2020 kita mendapatkan amanah SBSN untuk membangun PLHUT, dan alhamdulillah dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada, akhirnya jadilah PLHUT di Kabupaten Bantul seperti yang bapak ibu saksikan saat ini,” ucap Ahmad Shidqi.
Ahmad Shidqi juga mengatakan bahwasanya keberhasilan dalam mengelola amanah yang telah diberikan, tidak terlepas dari seluruh tim yang ada di Kankemenag Bantul. “Apa yang kita lakukan di PLHUT ini tidak terlepas dari ikhtiar kami waktu itu untuk meraih predikat WBBM khususnya terkait pelayanan publik yang kami berikan. Karena penilaian WBBM ini seluruh pelayanan yang ada di Kankemenag Bantul ini dinilai oleh KemenPAN-RB sebagai Tim Penilai Nasional (TPN) dan Inspektorat Jenderal sebagai Tim Penilai Internal (TPI),” terangnya.
“Optimalisasi kami dalam memanfaatkan bangunan ini tentu mendapatkan penilaian tersendiri dari tim penilai. Karena kemanfaatan kami atas PLHUT ini, tidak hanya pada pelayanan haji dan umrah saja, tetapi kemudian kami integrasikan dengan PTSP di kantor kami. Sehingga pemanfaatannya tidak hanya di haji umrah tapi semua layanan di Kankemenag Bantul melalui gedung ini,” tambah Ahmad Shidqi.
“Alhamdulillah integrasi antara PLHUT dan PTSP ini diapresiasi oleh Bappenas ketika beberapa waktu lalu kesini untuk melakukan monev terhadap SBSN yang sudah mereka setujui. Dan mereka sangat mengapresiasi atas pemanfaatan yang kami lakukan di gedung ini,” tandasnya.
Lebih lanjut, pemaparan terkait inovasi dan layanan di Kankemenag Bantul, terutama terkait haji dan umrah disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) PHU yang juga sebagai Plt. Kepala Subbagian Tata Usaha, Ahmad Mustafid.
Senada dengan Ahmad Shidqi, Ahmad Mustafid juga mengatakan bahwa Gedung PLHUT ini optimal dimanfaatkan untuk layanan lebih luas bagi masyarakat. “Tidak hanya terkait haji dan umrah saja, gedung ini, khususnya aula ini juga terbuka teman-teman lainnya, jika menggunakan aula ini sebagai tempat acara, seperti acara KUA maupun yang lainnya,” ucap Mustafid.
Dilanjutkan dengan tanya jawab dan tinjau lokasi ruang-ruang di Gedung PLHUT. (Dnd)