Lompat ke isi utama
x
MAN 4 Bantul

Pegawai Tata Usaha MAN 4 Bantul Ikuti Bimtek PIPK untuk Tingkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan

Bantul (MAN 4 Bantul) - Pegawai tata usaha MAN 4 Bantul, Eva Anggraini dan Siswanti mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan dan Penilaian Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) di Lingkungan Kantor Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Bimtek yang digelar Jum’at (1/12) ini bertempat di Aula MAN 2 Kulon Progo. 

Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Tim Kerja Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama DIY dengan menghadirkan narasumber Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Madya, Khuswantoro, dan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda pada Sekretariat Jenderal Kemenag RI, Ridho Fitrah Hyzkia.  

Kegiatan ini diikuti 130 peserta dengan rincian Kanwil Kemenag DIY 16 orang, Kankemenag Kabupatan/Kota 10 orang, UIN Sunan Kalijaga 2 orang, MTsN 70 orang, dan MAN 32 orang.

Dalam Bimtek tersebut, semua peserta yang hadir dijelaskan bahwa, PIPK merupakan pengendalian spesifik dirancang untuk memberi keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan sudah andal dan sesuai dengan akuntansi pemerintahan. Penerapan PIPK sangat penting untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel. Selain itu, peserta juga dilatih untuk melakukan penyusunan dan penilaian PIPK pada Satker masing-masing. 

Kepala MAN 4 Bantul, Mucharom mengatakan bahwa Bimtek tersebut sangat penting diikuti oleh pegawai tata usaha. “Dengan mengikuti Bimtek ini, diharapkan pegawai tata usaha dapat memahami konsep PIPK dan mampu menerapkannya di madrasah,” kata Mucharom.

Mucharom menambahkan bahwa penyususan dan penilaian PIPK dapat meningkatkan kualitas pelaporan keuangan madrasah serta membantu memastikan bahwa laporan keuangan madrasah disusun secara andal dan sesuai dengan standar,” ujar Mucharom. 

Salah satu peserta Bimtek Siswanti, mengatakan bahwa Bimtek tersebut sangat bermanfaat. “Saya jadi lebih memahami penyusunan dan penilaian PIPK dan bagaimana cara menerapkannya di madrasah,” kata Siswanti.

Siswanti menambahkan, setelah mengikuti Bimtek, ia akan menerapkan PIPK di MAN 4 Bantul. “Saya akan coba menerapkan PIPK di madrasah, mulai dari identifikasi akun-akun yang berdampak signifikan terhadap laporan keuangan,” ujar Eva. (ica)