Lompat ke isi utama
x
UAMBD

Mengukur Keberhasilan Siswa Kelas 6, MIN 2 Bantul Laksanakan UAMBD

Bantul (MIN 2 Bantul) - Sebuah Institusi pendidikan wajib memberikan layanan pembelajaran yang baik kepada siswanya. Dengan penerapan metode dan ragam tehnik belajar yang menarik serta kreatifitas mengajar guru akan menambah motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi.

Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan sekolah dalam memberikan materi pelajaran, perlu adanya sebuah evalusi agar diketahui sampai dimana tingkat daya serap siswa dalam memahami materi yang diberikan guru khususnya selama masa pembelajaran daring di MIN 2 Bantul.

Atas dasar pemahaman tersebut, MIN 2 Bantul melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD)  mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab bagi siswa kelas 6 tahun pelajaran 2020/2021 yang berlangsung, Seni-Rabu (29-31/3).  Evaluasi yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ujian ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6a dan 6b yang berjumlah 56 siswa Pa/Pi.

Kepala MIN 2 Bantul, Siti Fatimah.S.Pd.I mengatakan bahwa UAMBD yang diselenggarakan Madrasah ini berbasis paper yang dulunya mau di UNBKKan karena pandemi tidak jadi dilaksanakan. UAMBD diselenggarakan sebagai upaya mengukur tingkat kemampuan siswa dalam menyerap materi yang telah disampaikan serta melatih kejujuran siswa.

"Dengan pelaksanaan UAMBD ini saya berharap dapat diketahui seberapa jauh siswa mampu menguasai materi yang telah kita berikan kepada siswa dan juga melatih kejujuran siswa dengan mengerjakan di sekolah," ujar Siti Fatimah..

Teknis pelaksanaan UAMBD,  diberikan sesuai dengan jadwal kegiatan masing-masing mata pelajaran, Kepala sekolah juga membuat jadwal monitoring dan pemantauan UAMBD dengan teknik kunjungan kelas untuk mengetahui keadaan dan kesiapan siswa dalam mengikuti UAMBD Kepada wali kelas / guru pengampu wajib melaporkan kehadiran siswa untuk mengetahui tingkat respon orang tua untuk belajar tatap muka di madrasah. (Fatim).