Mafrudah Kepala MTsN 6 Bantul Raih Penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi Bidang Literasi
Bantul (MTsN 6 Bantul) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bantul kembali menorehkan prestasi. Kali ini meraih penghargaan sebagai sekolah aktif literasi tingkat nasional dalam program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nyalanesia 2022. Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nyalanesia Tahun 2022 secara serentak dilaksanakan dari dan diikuti oleh berbagai sekolah/madrasah se-Indonesia, dari jenjang SD/MI, SMP/MTs serta SMA/MA/SMK. Hal ini dikarenakan MTsN 6 Bantul telah aktif mengikutsertakan siswa-siswi beserta gurunya mengikuti kegiatan Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB).
Piagam penghargaan ini diserahkan kepada Kepala MTsN 6 Bantul pada saat upacara memperingati hari lahir Pancasila di lapangan MTsN 6 Bantul, pada Kamis (01/06/2023).
Selain itu, Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah juga meraih penghargaan sebagai kepala sekolah berprestasi di bidang literasi dari GSMB Nasional Nyalanesia pada puncak kegiatan festival literasi nasional di Balai Kota Surakarta tanggal 4 Mei 2023. Prestasi tersebut diberikan atas dedikasinya memonitori gerakan literasi di madrasah. "Pencapaian ini merupakan hal yang sangat luar biasa dalam bidang literasi dalam rangka menyukseskan Program Gerakan Literasi Madrasah," tutur Mafrudah. Selama kegiatan literasi ini, kepala MTsN 6 Bantul selalu memberikan peluang bagi peserta didik untuk selalu berkarya di bidang literasi.
Kepala MTsN 6 Bantul tetap mengawal dan mensupport seluruh siswa serta guru maupun pegawai untuk aktif dalam berliterasi sehingga sejalan dengan BUTERA yang merupakan akronim dari budaya literasi yang termasuk dalam Enam Plus Pro U Matsanaba. "Hal tersebut merupakan salah satu jalan untuk tetap mengukuhkan branding dari madrasah aktif literasi nasional," imbuh Mafrudah.
Mafrudah merasa sangat bangga dan senang menerima penghargaan ini. Menurutnya, dengan mengikuti kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan budaya literasi pada lingkungan pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup. (bel/rin)