Kinerja Satpam PTSP Dapat Apresiasi
Bantul (Kankemenag) - Perencana Muda Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Ika Shohihah, S.E. memberikan apresiasi atas kinerja petugas Satuan Pengamanan (Satpam) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. “Satpamnya ramah dan keren,” tandasnya usai mempelajari model pelayanan dan sarana prasarana PTSP (25/7). “Ruang pelayanan nyaman sekali, tidak kalah dengan pelayanan di bank,” lanjutnya.
Ika mengaku akan mengaplikasikan hasil kunjungannya ini di Kantor Kementerian Agama Kota Malang. “Hospitality satpam (ini) salah satunya dan tata kelola sumber daya manusia,” terangnya. Hospitality adalah hubungan antar-manusia, yang didasari oleh kasih dan keinginan untuk menolong manusia lain. Petugas layanan yang memiliki jiwa hospitality ingin membuat para tamu yang mereka bantu dan layani merasa sangat nyaman hingga seolah mereka sedang berada di rumah sendiri. “Rasanya tidak ingin pulang,” kelakar Ika.
Mengetahui apresiasi yang diterimanya, Lulut Bakdoyo, Satpam yang bertugas kala itu menyatakan bahwa prinsip kerjanya adalah melayani dengan sepenuh hati. Namun, kemampuannya menerima tamu tidak lepas dari hasil belajarnya. Lulut sebelumnya sudah terbiasa belajar rollplay greeting gesture security awareness di setiap bulannya. (Ismn)