Lompat ke isi utama
x
MIN 2 Bantul

Kembangkan Pembelajaran Kontekstual, Siswa Kelas VB MIN 2 Bantul Praktikkan Teks Prosedur Melalui Kegiatan Memasak

Dikirim oleh Sugiyono pada 6 October 2025

Bantul (MIN 2 Bantul) – Dalam rangka mengembangkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, siswa kelas VB MIN 2 Bantul melaksanakan praktik teks prosedur melalui kegiatan memasak dan membuat minuman. Kegiatan ini bertujuan agar siswa tidak hanya menghafal materi, tetapi juga mampu memahami dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini berlangsung di halaman madrasah pada Jumat, (3/10). Di bawah bimbingan wali kelas VB, Kurrotu’aini Nurul Ma’rifah, para siswa tampak bersemangat mengikuti setiap langkah kegiatan.

Dalam praktik tersebut, siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok putra bertugas membuat minuman sup buah, sementara kelompok putri memasak mi goreng sesuai teks prosedur yang telah dipelajari di kelas.  “Ternyata kita harus benar-benar memahami setiap perintah dalam teks prosedur agar masakan bisa jadi dengan baik,” ujar Az Zahra, salah satu anggota tim memasak.

Sementara itu, kelompok pembuat es buah juga tampak kompak bekerja sama dalam memotong buah dan meracik minuman sesuai petunjuk yang tertulis. “Melalui kegiatan ini, saya berharap anak-anak memperoleh pengalaman nyata bahwa dalam melakukan sesuatu, kita harus memperhatikan instruksi dengan teliti dan mengikuti langkah-langkah secara berurutan. Semoga mereka bisa menerapkan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terbiasa bertindak teratur, tidak tergesa-gesa, dan tidak asal-asalan,” tutur Kurrotu’aini, wali kelas VB.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran aktif dan menyenangkan di MIN 2 Bantul, sekaligus membuktikan bahwa belajar bisa dilakukan dengan cara yang kreatif, kontekstual, dan penuh makna.(NM)