Lompat ke isi utama
x
KUA Pundong

Kanwil Kemenag DIY Lakukan Monitoring Perpustakaan Masjid di Pundong

Bantul (KUA Pundong) - Jumat (14/6) sekitar pukul 10.00 WIB, KUA Kapanewon Pundong menerima kunjungan dari Kanwil Kemenag DIY dalam rangka monitoring perpustakaan masjid di wilayah Kapanewon Pundong. Tamu dari Kanwil Kemenag DIY sejumlah tujuh orang yang dipimpin oleh Halili Rais, Analis Kebijakan.


Dengan memperhatikan segala keterbatasan yang ada, terdata tujuh masjid yang memiliki fasilitas perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam. Tentu jumlah eksemplar paling dominan adalah tentang keislaman khususnya mushaf Al-Qur'an. 


Secara umum, jumlah eksemplar buku yang tersedia masih jauh dari memadai. Hal ini dipengaruhi sistem kelola dan pengadaan buku perpustakaan yang masih seadanya. Belum ada perencanaan dan pengelolaan yang professional terhadap perpustakaan masjid. Selain itu, sumber pengadaan buku masih berasal dari swadaya masyarakat dan donasi. Bukan dari alokasi dana kas masjid. Satu hal lagi, kebanyakan donasi buku adalah tinggalan atau kenang-kenangan mahasiswa yang KKN di wilayah masjid. 


Belum ada informasi, terkait tindak lanjut perihal kebijakan spesifik yang akan diambil setelah mendapatkan data (perpustakaan masjid) tersebut. Semoga momen ini bisa menjadi bagian  dari harapan baik terhadap upaya pengembangan literasi keagamaan berbasis masjid. (AF)