Biro Ortala Kemenag RI Lakukan Koordinasi dan Konsultasi Penentuan Usul Lokus Evaluasi Pelayanan Publik di Kankemenag Bantul
Bantul (Kankemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) menerima kunjungan dari Tim Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala) Kementerian Agama RI di Aula PLHUT Kankemenag Bantul, Kamis (9/6). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi dan konsultasi penentuan usul Lokus evaluasi pelayanan publik di Kementerian Agama.
Hadir dari Tim Biro Ortala Kemenag RI yaitu Chilyati, S.I.P. Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Subbagian Pelayanan Publik dan Niken Listyowati, S.E. Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Tata Usaha, Bagian Tata Laksana Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementerian Agama.
Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kankemenag Bantul H. Mukotip, S.Ag., M.Pd.I. memaparkan tentang pelayanan yang ada di Kankemenag Bantul. Mukotip juga menjelaskan tentang four area. Pertama, Kankemenag Bantul sebagai Satuan Kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Satker menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kedua, KUA Sewon sebagai KUA Revitalisasi. Revitalisasi KUA yang merupakan program prioritas Menteri Agama diwujudkan dengan peningkatan sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, sistem informasi, dan sejumlah program afirmatif di KUA yang bermanfaat bagi masyarakat. Ketiga, Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) sebagai layanan inovasi terbaik tingkat nasional. Keempat, Pusat Observasi Bulan (POB) di Bela Belu Bantul.
“Dalam kesempatan yang baik ini, bila ada kekurangan dari pelayanan di Kankemenag Bantul, mohon kami diarahkan. Agar kami bisa segera memperbaikinya dan besar harapan kami, bahwa Kankemenag Bantul menjadi salah satu yang akan diusulkan ke KemenPAN-RB,” tambah Mukotip.
Chilyati, S.I.P. yang menjadi koordinator Tim Biro Ortala menyampaikan bahwa saat ini Kemenag RI sedang mencari 3 satker yang akan diajukan ke Kementerian PAN-RB untuk penilaian pelayanan prima. “Saat ini kami sedang mencari Satker terbaik dari yang baik-baik untuk kami nilai dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kemudian akan kami usulkan ke MenPAN-RB untuk dinilai juga,” ucapnya.
“Kami dari pusat bukan apa-apa tanpa didukung dari instansi vertikal di bawahnya. Semoga di Kankemenag Bantul ini nanti tidak ada banyak PR sehingga bisa mendapatkan nilai yang tinggi, namun harus didukung pula dengan pelayanan dan SDM yang baik juga,” imbuhnya. (Dnd)