Lompat ke isi utama
x
MTsN 3 Bantul

Ikuti Pelatihan VR dalam Pendidikan di UAD, Guru IPA MTsN 3 Bantul Merasa Tertarik 

Dikirim oleh Sugiyono pada 30 Mei 2024

Bantul (MTs N 3 Bantul)  - Dua Guru IPA MTsN 3 Bantul Puji Lestari dan Suharmanto aktif mengikuti Pelatihan Penggunaan VR dalam pembelajaran pada hari Rabu, 29 Mei 2024 dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, bertempat di Ruang Kuliah S3 Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. 

Pemateri pada pelatihan ini adalah Dwi Sulisworo, ketua program studi S3 Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan. Materi awal berupa pengenalan apa itu VR, yaitu teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengalami dan berinteraksi dengan lingkungan tiga dimensi yang dibuat secara digital melalui perangkat khusus seperti headset. Penggunaan VR bertujuan menciptakan pengalaman yang imersif di mana pengguna merasa seolah-olah berada di dalam lingkungan digital tersebut. 

MTsN 3 Bantul

Cara Kerja VR terdiri dari perangkat VR yang terdiri dari headset VR, kontroler, dan sensor. Headset menampilkan gambar tiga dimensi untuk setiap mata untuk menciptakan ilusi kedalaman, sementara kontroler dan sensor melacak gerakan pengguna untuk memungkinkan interaksi dalam dunia virtual. Fitur Utama dari VR antara lain : Imersi Visual: Pengguna dapat melihat lingkungan 3D dari sudut pandang pertama, seolah-olah mereka benar-benar ada di sana;.Interaksi: Pengguna dapat berinteraksi dengan objek dan lingkungan di dalam VR menggunakan kontroler atau gerakan tangan dan Audio Spasial: Pengalaman audio yang sesuai dengan lingkungan virtual, memberikan kesan arah dan jarak suara.

Peserta pelatihan berasal dari beberapa madrasah yang tergabung dalam MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul. Peserta terdiri dari 6 orang guru pengurus MGMP IPA MTs. Setelah selesai pelatihan, peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan tentang kesan mengikuti pelatihan. Hampir semua peserta mendapatkan pengalaman pertama yang menarik, amazing, dan ingin memperdalam lagi. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk pembelajaran siswa yang lebih menarik dan bermakna. (Pjl)