Transformasi Layanan Umat, Kankemenag Bantul Gelar Raker Tahun 2022
Bantul (Kankemenag) – Bertempat di Hall Griya Persada Convention Hotel & Resort, Kaliurang, Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) gelar Rapat Kerja Tahun 2022 dengan tema “Transformasi Layanan Umat”, Kamis-Sabtu (24-26/3). Acara ini dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenag DIY), Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. Peserta dalam acara ini adalah Kasubbag TU, seluruh Kepala Seksi Penyelenggara dan Pejabat Fungsional Tertentu, Kepala KUA, Pengawas, dan Kepala Madrasah di bawah Kankemenag Bantul.
Sebelum acara dibuka, disematkan penyampaian sertifikat penghargaan dan apresiasi dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI kepada Kankemenag Bantul sebagai Satuan Kerja dengan Inovasi Layanan Haji dan Umrah Terbaik Nasional. Dalam hal ini, penyampaian sertifikat dilakukan oleh Kepala Kanwil didampingi Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag DIY kepada Kepala Kankemenag Bantul.
Dalam pembukaan Rapat Kerja (Raker) ini sekaligus dilaksanakan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara Kankemenag Bantul dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Kankemenag Kabupaten Purworejo, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bantul, Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas DIY.
Selain itu, ada pengukuhan Agen Perubahan Tahun 2022 Kemenag Bantul. Ada 5 Agen Perubahan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul antara lain H. Mukotip, S.Ag., M.Pd.I., Mafrudah, S.Ag., M.Pd.I., Samanto, S.Ag., M.H., Ngatijan, S.Ag., M.H., dan Nugroho, S.Pt., M.A.P.
Tak kalah menarik, Kankemenag Bantul memberikan beberapa penghargaan. KUA Kapanewon Bantul sebagai KUA Kaperu Terbaik, KUA Kapanewon Sewon sebagai Pelopor KUA Revitalisasi, MTsN 1 Bantul, MAN 1 Bantul, dan MAN 2 Bantul sebagai Madrasah Pelaksana Anggaran Terbaik, Seksi Bimas Islam, Seksi PHU, dan Seksi Bimas Hindu sebagai Unit Bawah Atap Pelaksana Anggaran Terbaik, Ahmad Mustafid, Imma Zumrotun, Agung Trisulistya, Zati Ariyani, Nurhaji, dan Tujilah sebagai Petugas Pemberi Layanan Terbaik.
Kepala Kankemenag Bantul H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M. menyampaikan latar belakang pelaksanaan kegiatan ini. “Pertama, menindak lanjuti hasil Rakerwil Kemenag DIY di NTB kemarin, kedua untuk menggali dan menyamakan persepsi serta menjadi pedoman kegiatan Kemenag Bantul tahun 2022, dan yang ketiga untuk membangun sinergi, kemitraan, dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak dalam rangka transformasi layanan umat,” jelas dalam sambutannya.
Sebelum membuka acara, Masmin Afif menyampaikan bahwa tagline HAB ke-76 Kemenag adalah Transformasi Layanan Umat. “Seperti yang kita ketahui, tagline Transformasi Layanan Umat merupakan salah satu aktualisasi pelayanan kita kepada masyarakat. Jadi kita harus memiliki manajemen layanan dan tata birokrasi yang baik agar masyarakat bisa puas dengan pelayanan kita. Karena salah satu syarat menuju WBBM adalah pelayanan yang prima,” jelasnya. (Dnd)