Siswa MTsN 4 Bantul Pelajari Keju Bolong, Semangat Belajar Sains di Akhir Pekan
Bantul (MTsN 4 Bantul) - Setiap menonton film kartun, keju selalu digambarkan sebagai potongan keju dengan lubang-lubang di seluruh bagiannya. Namun kenyataannya tak semua jenis keju punya lubang-lubang di seluruh bagiannya. Keju yang punya lubang-lubang hanyalah keju berjenis Swiss, ujar Restu, salah satu pendamping Literasi Sains MTsN 4 Bantul.
Belajar Sains tentang Bioteknologi Konvensional, siswa MTsN 4 Bantul asyik di kelas masing-masing. Pendampingan Literasi Sains dilaksanakan hari Sabtu (20/04/2024). Kegiatan ini diikuti siswa kelas IX yang sedang mempersiapkan PPASPD DIY 2024. Selain belajar sains, beberapa siswa mengikuti kegiatan literasi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Numerasi. Menurut Mujiyati, selaku staf Waka Kurikulum, “Meskipun hari ini adalah hari terakhir libur panjang Idul Fitri para siswa tetap antusias mengikuti kegiatan pendampingan Literasi”.
Literasi sains tidak hanya sebatas pengetahuan terhadap konsep sains tetapi dibutuhkan pemahaman terkait konsep yang dipelajari sehingga akan berpengaruh terhadap tindakan serta pola pikir dari seseorang terlebih khusus dalam memecahkan suatu masalah. Menghadapi tantangan keidupan global, siswa dituntut mampu berpikir kritis, menganalisa setiap peristiwa, mampu bekerja sama atau kolaborasi dan juga komunikasi. “Kemampuan literasi sains merupakan bagian dari keterampilan abad 21 yang harus dikuasai oleh siswa” ungkap Sugeng Muhari selaku Kepala MTsN 4 Bantul. (ETU)