Lompat ke isi utama
x
PHU

Siap Berangkatkan Haji, Seksi PHU Adakan FGD

Bantul (Kankemenag) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) selenggarakan FGD dalam rangka Penyelenggaraan Haji dan Umrah tahun 2022 di Pendopo RM Gendal Gendul, Rabu (20/4). Peserta dalam kegiatan ini adalah petugas kesehatan haji dari puskesmas se-Kabupaten Bantul dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Dalam kegiatan ini, Seksi PHU menghadirkan narasumber H. Bashori Alwi, S.Ag., M.M. selaku Analis Kebijakan (Plt Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji) Bidang PHU Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag D. I. Yogyakarta. dengan materi Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji. Selain itu, juga menghadirkan drg. Tri Wahyuni, M.P.H. selaku Kasi Pelayanan dan Peningkatan Mutu Kesehatan Rujukan, Bencana dan Pembiayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul yang menyampaikan materi Koordinasi Pembinaan Kesehatan Haji yaitu tentang Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan, Vaksin Covid-19 dan Meningitis.

Menurut Kepala Seksi PHU Kankemenag Bantul H. Ahmad Mustafid, S.Ag., M.Hum., tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Bantul tahun 2022 dalam bidang kesehatan haji.

PHU

“Menurut informasi terakhir, tahun ini akan memberangkatkan haji pada awal bulan Juni. Untuk itu, saya mohon kepada tim kesehatan untuk mendukung kesehatan para jemaah,” terang H. Mukotip, S.Ag., M.Pd.I. Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Bantul dalam sambutan pembukaannya.

Dalam penyampaiannya, Bashori mengatakan bahwa saat ini jika dengan asumsi normal, jadwal awal pemberangkatan ibadah haji 1443 H/ 2022 M adalah 3 Juni 2022 / 4 Dzulqa’dah 1443 H, sehingga waktu yang tersisa untuk persiapan tinggal 1,5 bulan.

“Jika melihat perkembangan terkini, Pemerintah optimis bahwa pada tahun 1443 H/ 2022 M Pemerintah Arab Saudi akan menyelenggarakan ibadah haji dengan mengundang jemaah dari negara lain, termasuk Indonesia, walaupun dengan kuota terbatas,” tandas Bashori. (Dnd)