Pengembangan Potensi Siswa: Guru BK MTsN 3 Bantul Tangkap 5 Hal yang Perlu Diperhatikan
Bantul (MTsN 3 Bantul) – Pengembangan Potensi Siswa Menuju Madrasah/Sekolah Berprestasi merupakan tema Sarasehan Guru BK MTs/SMP se-Kabupaten Bantul Tahun 2022, Sabtu (05/02) di Aula MAN 2 Bantul. Pemaparan materi oleh Dr. Sigit Sanyata, M.Pd. salah satu Dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY.
Menurut KBBI, yang dimaksud dengan potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi juga berarti kekuatan, kesanggupan, atau daya. “Semua anak memiliki potensi yang beragam”, ungkap Sigit. Seorang guru maupun orang tua harus bisa menganggap bahwa setiap anak berdaya.
Guru terkadang terfokus pada kesuksesan akademik dan administrasi. Padahal saat mendampingi siswa, guru BK perlu memperhatikan perkembangan setidaknya 5 hal berikut: (1) fisik; (2) intelegensi-bakat; (3) potensi psikologis (kepribadian-sikap-minat-motivasi); (4) potensi actual (akademik-kebiasaan); dan (5) potensi religius. (rof)