Kegiatan ON PKB MGMP Matematika MTs Kabupaten Bantul Mendesain Pembelajaran Aktif
Bantul (MGMP Matematika) - Kita pahami bersama bahwa salah satu tujuan penting pembelajaran adalah mengembangkan potensi siswa. Pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi tersebut antara lain ‘Pendekatan Belajar Aktif’. Guru sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang pendekatan tersebut untuk mendukung peran penting mereka dalam mengembangkan potensi siswa tersebut.
Pembelajaran Aktif penting karena siswa MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi). Mengalami artinya dalam belajar melibatkan banyak indera sehingga pemahaman konsep akan lebih mantap. Berinteraksi, dapat mendorong siswa untuk bereaksi terhadap pendapat siswa lain dan dapat menimbulkan ‘refleksi’ pada diri siswa lain tersebut. Mengkomunikasikan, dapat mendorong siswa untuk berani dan lancar dalam mengungkapkan gagasan, dan refleksi dapat memunculkan sikap untuk mau menerima kritik dan memperbaiki diri, baik terkait gagasan, hasil karya, maupun sikapnya.
Karena pentingnya pembelajaran aktif maka dalam kegiatan workshop PKB MGMP Matematika MTs Kabupaten Bantul, salah satu materi yang diteruskan oleh fasilitator daerah adalah tentang Pembelajaran Aktif. Kemudian para peserta workshop mempraktekkan desain pembelajaran aktif tersebut dalam kegiatan ON di madrasahnya. Salah satu peserta yang mempraktekkan pembelajaran aktif tersebut adalah Muslimah, S.Pd.,M.Si dari MTsN 4 Bantul.
“Alhamdulillaah, melalui desain pembelajaran aktif ini semua siswa berperan dalam pembelajaran, tidak yang diam. Dan saya rasakan anak-anak lebih mudah memahami karena mereka mengalami, berinteraksi mengeluarkan ide-ide mereka dan kemudian mengkomunikasikannya sehingga anak betul-betul belajar dalam kegiatan”, terang Muslimah. (RKY)