Lompat ke isi utama
x
PHU

Kankemenag Bantul Sabet Penghargaan Sebagai Satuan Kerja Dengan Inovasi Layanan Haji dan Umrah Terbaik Nasional

Dikirim oleh Dendy Pramana.P pada 27 March 2022

Bantul (Kankemenag) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) sabet penghargaan sebagai Satuan Kerja Dengan Inovasi Layanan Haji dan Umrah Terbaik di Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh Hilman Latief selaku Direktur Jenderal (Dirjen) PHU Kemenag RI kepada H. Ahmad Fauzi, S.Ag., M.S.I. perwakilan Bidang PHU Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat Rapat Kerja Nasional Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) di Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi, Rabu (16/3).

Kamis (24/3) penghargaan tersebut diserahkan oleh Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. Kepala Kanwil Kemenag DIY kepada H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M. selaku Kepala Kankemenag Bantul saat Rapat Kerja yang diselenggarakan oleh Kankemenag Bantul di Ramayanan Hall Griya Persada Convention Hotel & Resort, Kaliurang, DIY.

PHU

Aidi Johansyah memberikan imbauan kepada seluruh pegawai, terutama Seksi PHU Kankemenag Bantul. “Kepada semua pegawai, untuk tidak cepat merasa puas atas pencapaian ini terutama untuk Seksi PHU, justru atas pencapaian ini kita dituntut untuk lebih bertanggung jawab lagi dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik,” ucapnya.

“Atas pencapaian ini, kita semua harus saling bersinergi, minimal kita bisa mempertahankannya. Terlebih lagi kita juga harus terus meningkatkan kualitas pelayanan kita agar bisa jauh lebih baik lagi kedepannya,” tambahnya.

Berbincang mengenai inovasi layanan haji dan umrah, menurut Kepala Seksi PHU Kankemenag Bantul Ahmad Mustafid, M.Hum, terdapat beberapa inovasi layanan haji dan umrah yang ada di Kankemenag Bantul. Seperti Si PANDU, Pak JUDISIA, Yan PORMALIN, Co PRESTIS, Dapor Saji, Simbah Mandi, dan informasi lainnya yang bisa diakses di website, pun terdapat fasilitas blanko pembatalan dan pelimpahan porsi haji di dalamnya. 

Si PANDU, merupakan akronim dari Sistem Pendaftaran Haji Terpadu. Terpadu dalam artian satu waktu, satu tempat, lengkap dengan layanan bank penerima setoran biaya haji, sehingga proses pelayanannya cepat.

Bank mitra yang menjadi bank penerima setoran biaya haji di Kankemenag Bantul ada yang stay di kantor dan ada juga yang stay di luar kantor. Seperti Bank Sinarmas Syariah dan Bank CIMB Niaga Syariah yang sudah menjalin kontrak kerjasama dengan Kankemenag Bantul, sehingga bisa menempati ruangan khusus di dalam kantor. Sedangkan untuk bank mitra lainnya seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Muamalat stay di luar kantor menggunakan mobil pelayanan keliling dengan pembagian jadwal masing-masing karena tidak bisa beroperasi secara bersamaan.

Pak JUDISIA, Paket Jemput Pendaftaran Jemaah Disabilitas dan Lansia. Kankemenag Bantul menyediakan layanan penjemputan untuk keperluan pendaftaran haji bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia. Layanan ini memudahkan bagi mereka yang kesulitan akses ke kantor dan/atau keterbatasan penggunaan gawai untuk pendaftaran secara online.

Yan PORMALIN, Layanan Rekomendasi Pembuatan Paspor Umrah secara Online. Kankemenag Bantul menyediakan layanan berupa rekomendasi bagi para jemaah dalam pengurusan Paspor Umrah secara online. Jadi para jemaah atau PPIU yang menghendaki layanan ini, bisa menyampaikan proses dari rumah dan mencetak rekomendasi di rumah atau kantor nya masing-masing.

Co PRESTIS, merupakan akronim dari Layanan Photo Copy dan Press Dokumen Pendaftaran Gratis. Setelah melakukan pendaftaran, dokumen pendaftaran jemaah akan digandakan dan di press atau laminating agar dokumen tidak rusak hingga pemberangkatan nantinya. Karena dokumen pendaftaran ini salah satu berkas yang sangat krusial.

Dapor Saji, Pendampingan Pembuatan Paspor Haji. Kankemenag Bantul melakukan pendampingan kepada jemaah untuk pengurusan paspor haji ke kantor Imigrasi. Program ini sangat membantu dan memudahkan jemaah dalam proses pembuatan, perpanjangan, atau pun perubahan data paspor haji. Petugas akan mendampingi hingga pengurusan paspor haji ini selesai.

Simbah Mandi, Sistem Bimbingan Ibadah Haji Mandiri. Layanan Simbah Mandi ini sangat membantu bagi jemaah yang tidak tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). Layanan ini berupa edukasi manasik haji, jadi para jemaah akan dibimbing terkait pelaksanan haji atau umrah mulai pemberangkatan, hingga kepulangan. Dalam bimbingan ini, jemaah juga akan diedukasi tentang hal-hal yang nantinya dilakukan saat persiapan, dalam perjalanan, saat berada di tanah suci, dan sampai kembali pulang ke tanah air.

Informasi haji lainnya dapat diakses melalui website Kantor Kemenag Bantul, seperti syarat pendaftaran, prosedur pendaftaran dan informasi lainnya. Di website ini, juga tersedia blanko pembatalan dan pelimpahan porsi haji yang bisa langsung diunduh jemaah.

Selain inovasi layanan, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Bantul juga didukung dengan fasilitas gedung yang memadai, termasuk fasilitas lift untuk akses ke lantai dua. Di samping fasilitas yang memadai, pun lay out gedungnya yang ramah bagi penyandang disabilitas. Seperti adanya jalur khusus bagi penyandang disabilitas mulai dari halaman kantor hingga ke ruangan-ruangan. Di kantor PLHUT ini juga disediakan kursi roda. (Dnd)

phu