Lompat ke isi utama
x
MTs N 2 Bantul

Usai Ikuti Pengembangan Diri, Guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul Langsung Praktik Baik Aplikasi Pembelajaran Online Kahoot Saat KBM

Dikirim oleh Sugiyono pada 25 September 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) - Salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran adalah media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu seorang pendidik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan komponen yang tak terpisahkan dari serangkaian proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu media pembelajaran interaktif yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi Kahoot. Aplikasi ini telah dipraktikkaan saat kegiatan pengembangan diri MGMP Bahasa Inggris MTs se-Kabupaten Bantul di MTsN 2 Bantul pada Selasa (24/09). Menurut Erna Rahayu, fasilitator yang mempraktikkan Kahoot, “Kahoot merupakan salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dan alat penilaian yang dapat menumbuhkan daya tarik bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Aplikasi Kahoot menawarkan beragam pilihan permainan seperti, quiz, true or false, type answer, puzzle dan masih banyak lainnya,” ujar Erna.

Usai ikuti acara MGMP Bahasa Inggris di madrasahnya, Agustina salah satu guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul langsung mepraktikkan aplikasi Kahoot saat kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelasnya pada Rabu (25/09) jam pertama kedua di kelas IXB pada materi Procedure Text. Sebelum praktik, Agustina memberikan drill terlebih dahulu kata-kata yang nantinya akan ditanyakan dalam quiz, siswa diminta untuk mengingat dengan baik kata-kata beserta artinya. Langkah selanjutnya siswa diminta mengambil gawainya di loker kelas untuk segera bergabung masuk dalam aplikasi melalui www.kahoot.it. Kemudian Agustina memulai quiz dan tampillah Game Pin yang harus ditulis oleh siswa untuk join quiz. Setelah semua siswa masuk mulailah Agustina start game dengan menjelaskan bahwa kesempatan menjawab hanya 5 detik. Jadi harus cepat menjawabnya.

Di sinilah keseruan terjadi siswa saling kejar nilai. Siswa sangat antusias dan aktif mengikuti dengan gawainya masing-masing berusaha menjawab quiz yang diberikan. Di akhir quiz muncul podium siapa yang berada di peringkat 1,2, dan 3. “Seru Miss, besok lagi ya Miss. Saya akan belajar menghafal kosa kata dengan baik supaya saya berada di peringkat 1 dan dapat hadiah dari Miss Agustin,” ucap Fauzan usai KBM berakhir. Ternyata dengan Kahoot ini siswa tertarik bisa menguasai kosa kata dengan baik. (Agt)