Tingkatkan Kualitas Layanan Kemenag Bantul Review SOP
Bantul (Kankemenag) - Guna meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pada masyarakat, Kamis (15/4) Kantor Kemenag Bantul lakukan review peninjauan kembali, analisis, dan evaluasi terhadap standar operasional prosedur (SOP) yang sudah disusun, diikuti Kasub. Bagian TU, Kasi, Penyelenggara, serta pelaksana berlangsung di aula kantor.
Kepala Kantor Kemenag Bantul H. Aidi Johansyah, S.Ag., MM., dalam sambutannya mengemukakan pentingnya review terhadap SOP layanan. "Dimungkinkan SOP layanan yang sudah kita susun ada hal-hal yang perlu kita perbaiki karena sudah tidak relevan, atau karena adanya inovasi dalam pelayanan. Review sangat penting dilakukan, kami berharap ada perubahan konsep layanan, sehingga ke depan kita akan lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan. Sebagaimana program prioritas Kemenag, ke depan kita wujudkan layanan dalam genggaman. Perlu merubah midset, budaya kerja, serta merubah kebiasaan lama dari manual ke digital," ujarnya.
Beberapa SOP yang direview, meliputi SOP layanan PTSP dari sebelumnya manual ke online, dan persuratan yang sebelumnya secara manual direvisi menjadi digital dengan tandatangan elektronik (TTE), dengan alur admin membuat draft surat disampaikan Kasubag/Kasi untuk disetujui/revisi, pemberian nomor surat, penandatangan kepala kantor, mengupload ke aplikasi TTE. Untuk merealisasikan layanan digital dan PTSP online perlu adanya bimtek pengadmin sehingga layanan akan lebih cepat, dan mudah. (Jojo)