Lompat ke isi utama
x
MAN 4 Bantul

Tadarus Al-Qur'an Pembiasaan Baik MAN 4 Bantul Sebelum PAS/SAS

Bantul (MAN 4 Bantul) - Selama pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan  Sumatif Akhir Semester (SAS) MAN 4 Bantul yang diselenggarakan mulai Senin, (27/11) hingga Senin, (11/12) kegiatan pembiasaan baik tetap dilaksanakan. 

Pembiasan baik yang merupakan buah dari inovasi kepala madrasah ini sudah menjadi rutinitas seluruh warga madrasah mulai dari 5S (senyum salam sala sopan dan santun), shalat Dhuha, ODOT (One Day One Thousand) hingga tadarus Al-Qur'an. 

Pada saat sebelum pelaksanaan PAS/SAS, seluruh siswa diminta melaksanakan tadarus Al-Qur'an mulai Juz 30 terlebih dahulu. Tadarus ini dipimpin oleh guru pengawas ruangan dan diikuti oleh para siswa.

Kepala MAN 4 Bantul, Mucharom mengatakan bahwa tadarus Al-Qur'an merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa. Selain itu, tadarus Al-Qur'an juga dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar. “Tadarus Al-Qur'an dapat memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar,” ujar Mucharom.

Selain itu, Mucharom juga berharap tadarus Al-Qur'an dapat meningkatkan semangat belajar siswa. “Tadarus Al-Qur'an dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar lebih giat. Hal ini dapat membantu siswa untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam PAS/SAS,” tegasnya.

Salah satu guru pengawas ruang, Nanang Qosem menyampaikan kesannya terkait pembiasaan tersebut. “Sebelum memulai ujian siswa diminta tadarus Al-Qur'an terlebih dahulu baru kemudian dipimpin Asmaul Husna dilanjut doa sebelum belajar secara sentral. Hal ini dimaksudkan agar dalam momentum penilaian akhir semester ini para siswa tidak hanya usaha dengan belajar saja namun juga tidak melupakan usaha secara batin yakni berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan petunjuk dalam mengerjakan soal ujian,” ungkap  Nanang. (lel/ica)