Lompat ke isi utama
x
MAN 4 Bantul

Majelis Muqaddaman MAN 4 Bantul Memasuki Putaran Ke-17

Bantul (MAN 4 Bantul) - Kegiatan membaca Al-Qur'an secara bersama-sama dengan masing-masing peserta mendapatkan bagian membaca satu juz sering disebut dengan Muqaddaman. Kegiatan muqaddaman lazimnya merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga Alquran serta sebagai salah satu upaya untuk memotivasi seseorang agar senantiasa membaca Al-Qur'an.

Sebagai salah satu madrasah yang berlandaskan Islam, MAN 4 Bantul juga memiliki sebuah program khusus bagi guru dan karyawan yakni dengan rutin menghatamkan Qur'an dengan metode muqaddaman. Pelaksanaan muqaddaman di MAN 4 Bantul dengan cara membagi setiap guru dan karyawan mendapatkan satu juz dengan dibatasi waktu membaca selama satu minggu.

Teknis lain adalah dengan cara monitor melalui grup WhatsApp MAN 4 Bantul bagi guru atau karyawan yang sudah menyelesaikan bacaannya kemudian ceklis namanya dalam grup WhatsApp tersebut sebagai salah satu bukti dan controlling. Saat ini majelis muqaddaman MAN 4 Bantul sudah memasuki periode ke-17 di mana pada putaran ke-17 ini yang membacakan do'a khotmil Qur'an adalah Agung Wicaksono. 

Pembacaan do'a khotmil Qur'an dilaksanakan setelah semua guru dan karyawan menyelesaikan juz yang harus dibacanya. Mucharom, kepala madrasah sekaligus penggagas kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan adanya muqaddaman ini bagi bapak ibu guru pegawai adalah untuk menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an dan membiasakan untuk selalu membaca Al-Qur'an. 

“Dengan adanya majelis muqaddaman ini kami berharap bapak ibu guru MAN 4 Bantul senantiasa membaca Al-Qur'an dan menyadari bahwa Al-Qur'an merupakan sahabat sejati sehingga memunculkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an karena kita tau bahwa Al-Qur'an merupakan  petunjuk dan pembimbing jalan kita di dunia dan untuk mencapai kesuksesan akhirat,” papar Mucharom. (lel/ica)