Lompat ke isi utama
x
MTsN 4 Bantul

Kuatkan Literasi  Siswa MTsN 4 Bantul Belajar Mengomentari  Buku

Bantul—(MTsN 4 Bantul) Guna meningkatkan kemampuan literasi siswa, beberapa cara dilakukan oleh Bapak/Ibu guru MTsN 4 Bantul. Salah satunya ialah melalui kegiatan pembelajaran.  Pada Rabu (03/4) siswa kelas 7G belajar mengomentari buku yang mereka baca. Guru Bahasa Indonesia, Ketty Astutty mengatakan bahwa mata pelajaran harus bisa mengoptimalkan para siswa secara terintegrasi dalam pelajaran yang disampaikan di kelas. “Melalui cara ini saya berharap Gerakan Literasi Sekolah bisa terlaksana secara maksimal,”ungkapnya. 

Kegiatan pembelajaran yang diawali dengan membaca buku ini mengajak siswa untuk memahami lebih jauh isi buku melalui materi Teks Tanggapan. Guru membimbing siswa untuk memberikan komentarnya terhadap isi buku sesuai dengan jenis buku yang dibaca, baik fiksi maupun nonfiksi. Sesuai dengan tujuan pembelajaran, siswa memiliki kompetensi untuk menilai kualitas buku dari segi fisik seperti sampul buku, kualitas kertas dan juga ilustrasi buku. Selain itu siswa juga diajak untuk menilai kekurangan maupun kelebihan buku. 

Kegiatan literasi sebagai  fondasi yang mendasar untuk pembelajaran seumur hidup akan membangun karakter siswa yang Cendekia, Terampil, Berkarakter Islami, dan Mencintai Alam sesuai dengan visi misi MTsN 4 Bantul. Membiasakan siswa untuk memahami, menafsirkan, dan menggunakan informasi dengan baik merupakan salah satu manfaat kegiatan literasi. Madrasah  harus mampu mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mampu beradaptasi dengan cepat pada  era informasi saat ini. Selain itu, literasi membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, menganalisis informasi, dan membuat keputusan yang cerdas, yang semuanya sangat penting untuk kesuksesan di sekolah dan di luar sekolah nantinya (kets).