Kankemenag Bantul Kembali Meraih Penghargaan dari Menteri Agama RI
Jakarta (Kankemenag Bantul) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) kembali menerima penghargaan dari Menteri Agama, yaitu sebagai satuan kerja Penyelenggara Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan/Inklusif Tahun 2024.
Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI, Nasaruddin Umar saat upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-79 Kementerian Agama tahun 2025 yang dilangsungkan di Lapangan Upacara Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat no. 3-4, Jakarta Pusat pada Jumat (3/1).
Pemberian penghargaan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 489 tahun 2024 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kementerian dan Lembaga tahun 2024.
Kepala Kankemenag Bantul, Ahmad Shidqi menerima penghargaan ini bersama kepala Kankemenag Kulon Progo, Purbalingga, Banjarnegara, dan Pesisir Selatan dengan jenis penghargaan yang sama. Pun Kanwil Kemenag Provinsi Bali yang juga menerima penghargaan sebagai satuan kerja dengan pelayanan prima.
Menteri Agama dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema "Umat Rukun Menuju Indonesia Emas" ini merupakan wujud nyata dari misi Asta Cita Pemerintahan Prabowo Gibran. "Yang mengamanatkan betapa Indonesia Emas dapat terwujud jika umat hidup rukun dan harmonis," jelasnya.
Menteri Agama menegaskan bahwa bahwa "Beranilah menjadi benar, meskipun sendirian". "Saya yakin banyak orang-orang jujur dan lurus di Kementerian Agama. Untuk itu mari menjadi agen perubahan dan agen integritas yang mampu menjaga reputasi Kementerian dan pemerintah kita," tegasnya.
Kepala Kankemenag Bantul, Ahmad Shidqi menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan bonus. "Predikat ini merupakan bonusnya, yang utama adalah pelayanan kepada masyarakat. Dimana masyarakat, terutama masyarakat Bantul bisa puas dan senang dengan pelayanan yang kita berikan. Kami juga selalu mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat, berbagai sarana dan prasarana kami siapkan termasuk untuk kelompok rentan," ucapnya.
Ahmad Shidqi berharap dengan diterimanya penghargaan ini semakin memacu semangat ASN Kankemenag Bantul untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Penghargaan ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk berkomitmen memberikan pelayanan inklusif kepada masyarakat," pungkasnya. (Dnd)