Guru Matematika MTsN 6 Bantul Lakukan Penilaian Harian dengan Cara Berbeda
Bantul ( MTsN 6 Bantul )– Inovasi dalam dunia pendidikan terus dikembangkan oleh para pendidik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satu metode unik dalam penilaian harian diterapkan oleh guru matematika MTsN 6 Bantul, yang membuat suasana evaluasi lebih menarik dan menantang bagi siswa. Pada Rabu 26 Februari 2025 di kelas VIIB dilaksanakan pengambilan nilai dengan mengunakan metode yang lain dari biasanya. Siswa mengambil kartu soal yang telah disiapkan secara tertutup yang diletakkan di atas meja. Setiap siswa mengambil satu soal secara acak dan mereka mengerjakan soal tersebut di kertas secara mandiri. Setiap siswa berkesampatan mengerjakan soal sebanyak banyaknya.
Novrita, guru matematika MTsN 6 Bantul mengatakan bahwa cara ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal. “Saya berharap dengan penilaian metode ini menghindari kecenderungan menyontek karena setiap siswa mendapatkan soal yang berbeda, dan juga dapat memfasilitasi siswa dengan tipe belajar kinestetik”, ungkap Novrita.
Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah, turut mengapresiasi metode ini sebagai langkah kreatif dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di madrasah. "Kami mendukung penuh apapun inovasi yang dilakukan para guru demi meningkatkan kompetensi siswa dalam berpikir kritis dan mandiri," ungkapnya.
Dengan model penilaian ini tampaknya siswa merasa tertantang dan lebih fokus dalam mengerjakan soal. "Saya merasa lebih percaya diri mengerjakan soal sendiri tanpa melihat jawaban teman. Ini juga membuat suasana lebih seru karena kita tidak tahu soal mana yang akan kita dapatkan," ujar salah satu siswa.
Dengan adanya metode ini, diharapkan siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan di kelas. MTsN 6 Bantul terus berkomitmen untuk mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif demi mencetak generasi yang unggul di masa depan.(nov/el)