Lompat ke isi utama
x
MAN 1 Bantul

Tingkatkan Profesionalisme, MAN 1 Bantul Selenggarakan Workshop Pembelajaran Abad 21

Bantul (MAN 1 Bantul) – Guru sebagai pendidik wajib meningkatkan profesionalisme melalui pengembangan diri. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, MAN 1 Bantul menyelenggarakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Abad 21 pada Senin (11/10/2021) di Aula MAN 1 Bantul. Acara yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, H. Aidi Johansyah, S.Ag.M.M ini diikuti oleh seluruh guru MAN 1 Bantul dengan narasumber Dra. Reni Herawati, M.Pd.B.I. Pengawas SMA Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Aidi menyambut baik adanya workshop dengan tema yang sangat menarik ini. “Ketika saya baca judulnya sangat menarik. Menariknya adalah pembelajaran abad 21 itu biasanya berkorelasi dengan kemampuan IPTEK yang memang harus kita kuasai saat ini. Ini juga berhubungan dengan webinar literasi digital yang akhir-akhir ini kita ikuti,” ungkap Aidi.

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Pembelajaran abad 21 berfokus pada student center dengan tujuan untuk memberikan peserta didik keterampilan berpikir diantara lain: (1) berpikir kritis, (2) berkomunikasi, (3) berkolaborasi, serta (4) inovasi dan kreatif.

“Untuk mewujudkan pembelajaran abad 21, guru harus menyusun pembelajaran yang efektif. Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang berhasil mencapai tujuan belajar peserta didik,” jelas Reni. Guru-guru MAN 1 Bantul tampak antusias mengikuti workshop yang akan berlangsung hingga sore. Diharapkan, nanti peserta mampu membuat perangkat pembelajaran Abad 21 dan mampu mengimplementasikannya di kelas masing-masing. (mry)