Lompat ke isi utama
x
MTsN 5 Bantul

Tim Penilai Lomba Mading MTsN 5 Bantul Sangat Teliti dan Obyektif

Dikirim oleh eka putri pada 19 June 2025

Bantul (MTsN 5 Bantul) - Lomba Majalah Dinding (Mading) antar kelas yang digelar di MTsN 5 Bantul berlangsung semarak dan penuh antusiasme. Kegiatan ini menjadi ajang kreativitas siswa dalam menuangkan ide, informasi, dan nilai-nilai pendidikan dalam bentuk visual menarik. Namun, yang menjadi sorotan dalam lomba kali ini adalah kinerja tim penilai yang dinilai sangat teliti dan obyektif. Acara digelar pada Selasa (17/6/2025) di aula madrasah.

MTsN 5 Bantul

Proses penilaian dilakukan oleh dua guru pembimbing yang telah berpengalaman di bidang jurnalistik madrasah dan desain komunikasi visual. Mereka melakukan observasi mendalam terhadap setiap mading, memperhatikan aspek isi, kreativitas, kerapian, estetika, dan keterkaitan tema.
"Kami menggunakan rubrik penilaian yang sudah disepakati bersama sebelum lomba dimulai. Hal ini untuk menjamin transparansi dan keadilan," ungkap Krisnia Rahmadhani, salah satu juri lomba.
Penilaian dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap awal seleksi hingga finalisasi skor. Tim juri bahkan memberikan catatan dan masukan untuk setiap karya yang dinilai. Hal ini memberikan pengalaman belajar berharga bagi para siswa, tidak hanya dalam hal menang-kalah, tetapi juga dalam proses berkarya.
Salah satu siswa dari kelas 8A, Ima Sisilviana mengaku senang karena tim penilai memberikan penjelasan langsung terkait kelebihan dan kekurangan mading kelasnya. "Kami jadi tahu apa yang harus diperbaiki ke depan. Penilaiannya juga terasa adil," ujarnya.
Kepala MTsN 5 Bantul, Faris Mansuri menyampaikan apresiasi atas profesionalitas para juri dan semangat siswa dalam mengikuti lomba. "Kami bangga karena lomba ini bukan hanya ajang kompetisi, tapi juga sarana pembentukan karakter, kerja sama, dan keterampilan abad 21," tegas Faris.
Lomba Mading ini menjadi salah satu bentuk pengembangan kegiatan literasi dan keterampilan non-akademik yang terus didorong oleh pihak madrasah. Dengan penilaian yang objektif dan transparan, diharapkan mampu memotivasi siswa untuk terus berkarya secara positif.(Mt)