Lompat ke isi utama
x
Kankemenag Bantul

Review dan Penyusunan SOP Pelayanan di Kankemenag Bantul

Dikirim oleh Dendy Pramana.P pada 30 March 2023

Bantul (Kankemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul) menyelenggarakan Review dan Penyusunan SOP Pelayanan di Aula Kantor, Rabu (29/3). Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memperbarui SOP Pelayanan dengan memperhatikan regulasi maupun ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan SOP Pelayanan di Kankemenag Bantul.  

Ketua Penyelenggara, Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Aminuddin berharap bahwa dari penyelenggaraan kegiatan in nantinya bisa menghasilkan output berupa SOP yang telah direviu dan telah didiskusikan, sehingga menghasilkan SOP Pelayanan yang sesuai dengan aturan.

kankemenag bantul

Kepala Kankemenag Bantul, Ahmad Shidqi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas rekomendasi dari KemenPANRB, melalui Sekjend Kemenag RI, yaitu harus melakukan reviu setiap tahun karena telah meraih WBBM.

“Ini sebagai bentuk peningkatan pelayannan kita, bukan malah loyo tapi harus lebih semangat demi mewujudkan kualitas pelauyanan yang lebih baik lagi. Adanya perubahan regulasi, maka untuk SOP pelayanan juga harus mengikuti. Apakah ada prosedur yang diubah, dikurangi, atau bahkan dihilangkan. Mungkin juga ada perubahan estimasi waktu dalam hal pelayanan,” jelas Ahmad Shidqi.

Dalam sambutannya, Ahmad Shidqi berharap bahwa output dari kegiatan ini bisa maksimal. “Harapannya bisa menghasilkan SOP yang baru yang inovatif, yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, reviu ini dipandu oleh Agus Yunianto, Analis Tata Laksana Kankemenag Bantul. Agus memandu dengan mem-breakdown layanan di masing-masing seksi untuk mengetahui apakah ada layanan yang diganti redaksinya, layanan yang dihilangkan, maupun penambahan layanan. Selain itu juga dipilah terkait layanan yang bisa diakses secara offline atau online serta yang hanya bisa diakses secara offline saja. (Dnd).