Perdalam Materi ASPD, MTsN 6 Bantul Bentuk Kelas Ajaib
Bantul (MTsN 6 Bantul) Tim sukses ujian kelas IX MTs Negeri 6 Bantul yang diketuai oleh Zaenani Qodriyatun mengonsep serangkaian strategi untuk mengantarkan para siswa agar sukses. Disadarinya bahwa secara fisik para siswa kelas IX perlu diberi bekal pendalaman materi agar tidak gamang menghadapi serangkaian ujian sebagai syarat lulus dan syarat mencari sekolah atau madrasah di jenjang atas.
“Kami sangat menyadari bahwa selama daring ini, para siswa sangat terbatas dalam menerima penjelasan materi dari para guru. Waktu yang tersedia dirasakan masih kurang, mengingat pembelajaran tidak dilaksanakan secara langsung. Belum lagi permasalahan lain yang menyertai, misalnya kuota, kurangnya pendampingan, kendala sinyal menuntut para guru untuk berpikir keras mengonsep pembelajaran yang humanis tetapi efektif. Oleh karenanya, madrasah berupaya memberikan fasilitas lebih kepada para siswa yang memiliki motivasi besar atau kami istilahkan ajaib untuk belajar melalui pendalaman materi dengan menggunakan aplikasi zoom meeting,” ujar ketua tim sukses kelas IX.
Strategi ini disambut baik oleh Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah. Melalui pembentukan kelas ajaib yang terdiri atas siswa-siswa yang memiliki motivasi besar dalam belajar, Mafrudah berharap pembelajaran semakin efektif dan efisien guna mewadahi para siswa yang ‘senang belajar’. “Dengan pendampingan intensif dari guru-guru mata pelajaran, kami yakin anak-anak ini akan menjadi bintang dari masing-masing kelas yang siap menginspirasi siswa lainnya untuk semangat,” ujarnya saat diwawancara.
Selain pendalaman materi mata pelajaran ASPD melalui zoom meeting, juga dibentuk kelas ajaib yang di dalamnya para siswa akan diberi tambahan materi secara intensif dengan pemilihan waktu konsultasi di luar KBM. Kurang lebih 50 siswa setiap mata pelajaran akan didampingi secara serius untuk menakhlukkan soal-soal ASPD. Rina Harwati, wakil urusan bidang kurikulum menuturkan bahwa pembentukan kelas ajaib ini juga akan diberlakukan bagi para siswa yang mempunyai kemampuan unggul pada materi agama. “Kami berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada para siswa agar mendapatkan haknya dalam penguasaan materi. Perlu adanya metode dan strategi-strategi khusus bagi siswa yang mengalami kendala dalam menyerap materi dari Bapak/Ibu guru. Jika semuanya dapat berlajan sesuai rencana, insyaallah target yang telah ditentukan oleh tim sukses akan tercapai. Tentu saja ditambah dengan adanya usaha secara batin yang berbentuk mujahadah, AMT, dan doa bersama,” ungkap Rina. (rin)