Lompat ke isi utama
x
Pengawas Madrasah

Pengawas Kankemenag Bantul Dampingi Workshop Deep Learning di MTs Al Hadi II

Dikirim oleh eka putri pada 20 June 2025

Bantul (Pengawas Madrasah) - Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21, MTs Al Hadi II menggelar Workshop dengan tema “Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran”, Jumat (20/6). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru MTs Al Hadi II dan didampingi langsung oleh Pengawas Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bantul.

Pengawas Madrasah

Kepala MTs Al Hadi II, Abdul Khayi Muhyidin, dalam sambutannya menegaskan pentingnya peran guru untuk terus belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia pendidikan yang dinamis. "Workshop ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kompetensi pendidik, guna menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik dan bermakna di MTs Al Hadi II," ujarnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber Etyk Nurhayati, Pengawas Kankemenag Bantul yang berperan sebagai guru pendamping di MTs Al Hadi II. Kegiatan diawali dengan sesi motivasi untuk menyambut tahun ajaran baru, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi inti mengenai konsep dan penerapan deep learning dalam proses pembelajaran.

Dalam paparannya, Etyk menjelaskan bahwa pembelajaran mendalam (deep learning) merupakan pendekatan yang memuliakan proses belajar dengan menekankan pada penciptaan suasana yang sadar, bermakna, dan menyenangkan. "Pendekatan ini melibatkan pengolahan pikiran, perasaan, hati, dan jasmani secara holistik dan terpadu untuk menghasilkan pembelajaran yang utuh dan berdaya guna," tuturnya.

Pengawas Madrasah

Kegiatan diselingi dengan ice breaking yang membuat seluruh guru semakin bersemangat mengikuti workshop. Kegiatan ditutup dengan sesi praktik penyusunan modul ajar berbasis pendekatan deep learning, sebagai langkah konkret implementasi materi yang telah diberikan. Workshop ini diharapkan mampu mendorong para guru untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih transformatif, sehingga dapat melahirkan peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga berkarakter dan adaptif terhadap tantangan zaman.