Lompat ke isi utama
x
MTsN 8 Bantul

Gunakan JMD, MTsN 8 Bantul Sukses Gelar ASTS dan PTS Genap Tahun Pelajaran 2023/2024

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Pelaksanaan Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Genap bagi kelas 7 dan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap bagi kelas 8 dan 9 Tahun Pelajaran 2023/2024 MTsN 8 Bantul selama 6 hari mulai Senin (26/2) hingga Senin (4/3) berjalan sukses tanpa hambatan yang berarti. Penilaian diikuti siswa kelas 7,8,9 total 6 rombel terbagi menjadi 6 ruang dan menggunakan website Jogja Madrasah Digital (JMD). Website JMD merupakan sarana pembelajaran online melalui HP buah kreatifitas dan pengembangan Bidang Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DIY dengan pihak pengembang.

Pada ASTS dan PTS berbasis JMD, seluruh siswa mengerjakan penilaian menggunakan HP dengan cara masuk menggunakan akun masing-masing siswa terdiri dari e-mail dan password. Setiap hari siswa diberikan PIN soal yang berbeda-beda sesuai mata pelajaran oleh pengawas ruang. Ketua panitia ASTS dan PTS Bahroni Nur Susilo memberitahukan bahwa terdapat 16 mata pelajaran dibagi menjadi 6 hari. Empat hari pertama sebanyak 3 mata pelajaran dan dua hari terakhir 2 mata pelajaran. Penilaian dimulai pukul 07.30 setelah kegiatan pembiasaan. Panitia menyediakan waktu penilaian susulan bagi siswa yang tidak bisa mengikuti karena sakit.

Kepala MTsN 8 Bantul, Imam Syamroni disela kesibukan menyampaikan bahwa penggunaan JMD pada ASTS dan PTS 2 tahun pelajaran 2023/2024 merupakan bukti nyata MTsN 8 Bantul terus mendukung program inovasi Bidang Dikmad Kanwil Kemenag DIY dimana hal tersebut sangan selaras dengan perkembangan inovasi pembelajaran. “Meskipun madrasah kami terletak di perbukitan Kapanewon Dlingo, kami ingin membuktikan lokasi tidak menjadi alasan untuk tidak menggunakan JMD karena kehadiran JMD memang tepat untuk pembelajaran masa kini dimana jejak kegiatan pembelajaran bisa dipantau” kata Imam. Pada ASTS dan PTS kali ini, tidak ada ganguan yang berarti sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar dan sukses (jkp).