Manfaatkan Waktu Libur Guru MTsN 1 Bantul Ikuti Pelatihan Asesmen Awal Pembelajaran Literasi
Bantul (MTsN 1 Bantul)- Guru Bahasa Arab Sri Suharti mengikuti pelatihan Asesmen Awal Pembelajaran Literasi. Pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu (3/8/ 24) di Pintar https://pintar.kemenag.go.id/pelatihan pukul 07.00-14.00 WIB. Kemampuan literasi merupakan kemampuan dalam mengolah dan memahami informasi pada saat proses membaca dan menulis.
Secara etimologi, literasi berasal dari bahasa latin literatus yang berarti belajar yang berhubungan dengan proses membaca dan menulis. Seiring perkembangan zaman, istilah literasi mengalami perkembangan yang luas dan merambah bidang kultural, sosial dan budaya. Merujuk dari evolusi makna literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan keterampilan, berpikir kritis, kemapuan berkomunikasi secara efektif untuk mengembangkan potensi diri untuk berprestasi dalam kehidupan.
Kasa Novita Retno Zamora narasumber pelatihan menjelaskan asesmen awal membaca. “Dalam asesmen awal literasi membaca ada lima komponen yaitu; pertama asesmen nama huruf adalah peserta didik membaca beberapa huruf lepas kemudian dihitung jumlah bacaan yang benar. Kedua asesmen suku kata adalah peserta didik membaca beberapa suku kata adalah peserta didik membaca beberapa suku kata kemudian dihitung jumlah bacaan yang benar. Ketiga asesmen kata adalah peserta didik membaca beberapa kata kemudian dihitung bacaan yang benar. Keempat asesmen paragraf peserta didik menyimak dan memahami teks yang dibacakan lalu menjawab isi bacaan, kemudian dihijung jawaban yang benar. Kelima, membaca fasih dan memahami isi bacaan dengan mandiri lalu menjawab isi bacaan kemudian dihitung jumlah jawaban yang benar,” papar Kasa Novita dengan gamblang.
Kasa Novita Retno Zamora menambahkan bahwa pada akhir asesmen guru harus mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Pada asesmen awal membaca peserta dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok. Pertama kelompok H yaitu peserta didik yang mampu membaca huruf. Kedua kelompok SK yaitu peserta didik yang mampu membaca suku kata. Ketiga K yaitu peserta didik yang mampu membaca kata. Keempat kelompok P yaitu peserta didik yang mampu membaca paragraph dan memahami isi paragraph. Keenam kelompok CP yaitu peserta didik yang mampu membaca fasih dan memahami isi bacaan. (sri)