Lompat ke isi utama
x
MAN 4 Bantul

Guru Mapel MAN 4 Bantul Pantau Pelaksanaan SAS/PAS Lewat JMD

Bantul (MAN 4 Bantul) – MAN 4 Bantul melaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) bagi kelas X dan Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi kelas XI dan XII memasuki hari ke-5, Jumat (1/12). Mulai awal pelaksanaan SAS/PAS para guru Mata Pelajaran (Mapel) memantau pelaksanaan melalui aplikasi Jaringan Madrasah Digital (JMD) di ruang panitia. 

Kepala madrasah, Mucharom mengatakan bahwa pelaksanaan SAS/PAS menggunakan JMD sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. “Semua siswa mengikuti SAS/PAS dengan tertib dan lancar,” kata Mucharom. 

Mucharom menambahkan bahwa JMD merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi para guru. Melalui JMD, guru dapat memantau pelaksanaan SAS/PAS secara real time. “Kami bisa melihat sejauh mana siswa mengerjakan soal. Namun ada juga kelemahan menggunakan aplikasi JMD, seperti yang terjadi pada hari Kamis, (30/11) saat jam pertama server down mengakibatkan siswa tidak bisa masuk ke aplikasi,” ujar orang nomor satu di MAN 4 Bantul. 

Salah satu guru Mapel Matematika, Retnaningsih mengatakan bahwa JMD sangat membantu dalam memantau pelaksanaan PAS. “Dengan JMD, kami bisa mengetahui waktu pengerjaan saat siswa mengerjakan soal, walau masih terdapat kendala setiap harinya,” kata Retna.

“Aplikasi JMD digunakan bersama seluruh madrasah, ini yang menjadi kelemahannya ketika server down. Namun kelebihannya guru-guru tidak perlu mengoreksi hasil jawaban siswa, karena fitur-fitur yang ada di dalamnya sudah mengakomodasi keribetan guru dalam pelaksanaan SAS/PAS. Meski menggunakan aplikasi yang diakses melalui gawai masing-masing siswa, tetapi kami berharap karakter siswa tetap terjaga. Mengedepankan kejujuran adalah harapan kami,” ungkap Retna menutup pembicaraan dengan Tim Humas. (ica)