Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

Lautan Putih Warnai Apel dan Kirab Hari Santri Kabupaten Bantul

Apel Hari Santri FILEminimizerBANTUL  (Kankemenag) – Lebih dari sepuluh ribu santri dari pondok pesantren, Ma’arif, santri Madrasah Diniyah, TPA/TPQ , kaum muslimin serta siswa Madrasah se Kabupaten Bantul, Minggu (22/10/2017) memadati lapangan Paseban mengikuti Apel dan Kirab hari santri tahun 2017. Dengan mengenakan pakaian khas santri pria baju putih, bersarung dan berpeci, wanita baju putih, rok hitam dan jilbab putih menjadikan lautan putih di kawasan komplek pemda Bantul.

 

 

Bertindak selaku Pembina apel Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, serta turut hadir menyukseskan acara Wakil Bupati Bantul, Kepala Kantor Kemenag Bantul, jajaran Forkompinda, Kepala Dinas/Instansi OPD se-Kabupaten Bantul, Ketua MUI Kabupaten Bantul, serta pengasuh Pondok Pesantren se-Kabupaten Bantul.

 

 

Dalam amanatnya Bupati Bantul Drs. H. Suharsono mengemukakan Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktobermerupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. Kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhinneka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI dari berbagai ancaman.

 

Santri memelopori penerimaan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa-bernegara dan menyatakan bahwa NKRI sudah final sebagai konsensus nasional (mu’âhadah wathaniyyah). Selepas Reformasi, kaum santri menjadi bandul kekuataan moderat sehingga perubahan konstitusi tidak melenceng dari khittah 1945 bahwa NKRI adalah negara-bangsa bukan negara agama, bukan negara suku, yang mengakui seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama, tanpa diskriminasi berdasarkan suku, ras, agama, dan golongan. 

 

 

Seusai apel dilanjutkan Kirab seluruh peserta dari lapangan Paseban menuju halaman Masjid agung Manunggal Bantul yang dimeriahkan bregodo prajurit, paskibra, marching band, hadrah, pawai andong, serta atraksi santri. (Jojo)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat