Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

Menabur Mimpi Dengan Pelatihan Kir MTsN 2 Bantul

workshop KIR FILEminimizerBantul - Senin (12/06) Sebanyak 20 siswa kelas VII dan VIII MTsN 2 Bantul atau MTsN Sumberagung, mengikuti Workshop Penulisan Karya Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan ini diselenggarakan OSIS bekerjasama dengan beberapa guru Bahasa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis dan prestasi siswa.

“Dengan diadakannya Workshop Penulisan Karya Ilmiah ini, harapan kami para siswa dapat termotivasi untuk menulis dan mengikuti kompetisi-kompetisi ilmiah, sehingga kelak dapat menuai prestasi,” ungkap Kepala Madrasah, Hj. Sri Pangatun, S.Pd. M.S.I. ketika memberikan sambutan di ruang Laboratorium IPA MTsN 2 Bantul, tempat diselenggarakannya workshop.

Materi pertama berlangsung meriah bersama narasumber Drs. Ahmad Arief Ma’ruf, MA. M.Si., yang meyakinkan para peserta workshop bahwa menulis karya ilmiah itu mudah. Para siswa hanya perlu bermimpi untuk menjadi orang besar. “Semakin nyata mimpi itu di dalam angan kita, maka semakin besar keinginan kita untuk mewujudkannya. Usaha yang sungguh-sungguh pun akan mudah dikerahkan untuk mencapainya,” jelasnya.

Antusiasme peserta semakin tampak nyata ketika mereka mendapatkan berbagai informasi lomba yang dapat mereka ikuti dalam waktu dekat dari narasumber yang saat ini juga aktif membimbing KIR di madrasahnya ini. Peserta dituntun bagaimana cara membuat essai dan karya ilmiah yang praktis, sehingga karya ilmiah yang selama ini mereka anggap sulit menjadi tampak lebih mudah.

Materi kedua pun tidak kalah serunya. Bersama narasumber Ely Widyawati, S.Pd., para siswa diajak untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan belajar dari lingkungan sekitar, akan lebih mudah mendapatkan ide-ide tulisan yang bermanfaat untuk masyarakat. Peserta workshop diminta untuk menuliskan ide mereka yang berkaitan dengan alam. Berbagai tema unik pun bermunculan, sehingga meskipun sedang berpuasa para peserta ini masih semangat memikirkan ide-ide mereka. Ide yang mereka tulis ini harus sudah menjadi sebuah essai pada pertemuan hari Rabu mendatang.

“Kami harap dengan mengikuti workshop ini, para siswa menjadi kritis dan lebih banyak lagi ide-ide yang bisa dijadikan bahan tulisan. Semoga ke depannya bisa membuahkan prestasi yang diimpikan,” harapan pembina OSIS, Imam Syamroni, S.Pd. M.Sc. kepada peserta saat menutup kegiatan workshop.

Sementara itu,Yulian Istiqomah, S.Pd. guru Bahasa Indonesia sekaligus pembimbing klub jurnalistik madrasah menjelaskan bahwa kegiatan ini akan berlanjut dengan pendampingan dan pembinaan selama proses penulisan karya ilmiah para peserta ke depannya. Seluruh karya para peserta workshop ini akan dibukukan menjadi sebuah antologi essai atau karya ilmiah lainnya. Semua ini dirintis demi mewujudkan impian MTsN 2 Bantul sebagai madrasah literasi. (yl)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Comments   

 
#1 Menabur Mimpi Dengan Pelatihan Kir MTsN 2 BantulBill 2017-06-27 05:33
Thanks for another informative blog. The place else may just I
get that kind of info written in such a perfect method?
I've a venture that I'm just now running on, and I have been at the look out for
such information.

Here is my page ... fuck it (plaza.rakuten.co.jp)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat