Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

KUA Kecamatan Pleret Mempertahankan Juara KUA Teladan Nasional

20170512 093118 1 copyBantul (Kankemenag) – Setelah sebelas tahun menyandang juara pertama KUA teladan tingkat Nasional tepatnya pada tahun 2006, KUA Kecamatan Pleret Jumat (12/5/2017) kembali diverifikasi Tim Penilai lomba KUA teladan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedatangan Tim verifikasi penilaian KUA teladan DIY yang dipimpin Plt. Kepala Kanwil DIY Drs. H. Masrudin, M.Pd.I bersama rombongan disambut oleh Bupati Bantul yang dihadiri Asisten III bidang sumberdaya dan kesra Drs. Didik Warsito, M.Si Kepala Kantor Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I bersama jajaran pejabat struktural dan fungsional, Muspika Kecamatan Pleret, Ikatan Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten (IK3B), serta tokoh masyarakat.

 

 

Mempertahankan kejuaraan memang berat apalagi sampai tingkat Nasional. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dewasa ini banyak kantor KUA yang bagus tidak hanya dalam sarana dan prasarananya namun juga unggul dalam pelayanan dan inovassi dalam teknologi informasi.

 

 

Melihat kondisi demikian kepala KUA Kecamatan Pleret Wiharno, S.Ag tetap optimis bisa mewakii Daerah Istimewa Yogyakarata maju ke tingkat Nasional. Tentu dengan kerja keras seluruh pegawai KUA dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak KUA Kecamatan Pleret telah melaksanakan program unggulan dan inovasi untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

 

Program unggulan yang telah dilakukan meliputi; Pembangunan Zona Integritas, untuk tidak memungut biaya pelayanan apapun selain yang sudah ditentukan dalam peraturan perundangan, dengan kata lain semua jenis pelayanan adalah nol rupiah,pengembangan SIMBI (Sistem Informasi Bimas Islam) maka KUA Kecamatan Pleret sudah melakukan entri data tentang potensi Masjid dan Mushalla pada Aplikasi SIMAS (Sistem Informasi Masjid) dan potensi tanah wakaf yang ada di wilayah Pleret pada aplikasi SIWAK (Sistem Informasi Wakaf).

 

 

Program unggulan lainnya, bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah melakukan inovasi Program Akselerasi Pendaftaran Nikah dengan nama Inovasi PAPERU (Pengantin baru KTP baru) yakni memangkas proses pengurusan perubahan status pada KTP baru, KK baru tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. KTP dan KK baru diserahkan di KUA bersamaan penyerahan buku Nikah sehingga masyarakat terlayani jauh lebih cepat. Program unggulan lain pembinaan syariat dan makanan halal, serta pemberdayaan zakat dan pendampingan pengurusan sertifikat wakaf. (Jojo)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat